-->

MPM Universitas Serambi Mekkah Adakan Seminar Legislatif

26 Oktober, 2024, 22.00 WIB Last Updated 2024-10-26T15:00:09Z
LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - Untuk membangun kemampuan dan kemauan mahasiswa dalam proses legislatif, Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah (MPM USM) mengadakan seminar legislatif dengan tema "Membangun Kemampuan dan Kemauan Mahasiswa untuk Berpartisipasi dalam Proses Legislatif"  yang dibuka langsung oleh Dr. Hambali, S.Fil. I., M.Pd Selaku Wakil Rektor III USM, di Universitas Serambi Mekkah, Aula Dr. Mr. Teuku Haji Moehammad Hasan, Sabtu, 26 Oktober 2024.

Seminar legislatif tersebut dihadiri Wakil Rektor lll, Pemerintahan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas, Himpunan Jurusan, dan UKK/UKM selingkup Iniversitas Serambi Mekkah. Juga di undang pemateri dari luar diantaranya Hadi Surya, S.TP., M.T, yang juga selaku politikus dan pengusaha, dan Aktivis Mahasiswa, Tonicko Anggara.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Dadang Handayan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh mahasiswa atas semangat dalam menyukseskan acara tersebut.

"Saya selaku ketua panitia acara mengucapkan terima kasih Kepada seluruh Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah (KBM USM) atas semngatnya dalam menyukseskan acara seminar legislatif ini," ucap Dadang.

Alwan Samri selaku Ketua Umum Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah (MPM USM) dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa seminar legislatif bertujuan untuk  membangun semangat baru untuk para calon legislator mendatang.

"Tujuan dari kegiatan seminar legislatif ini adalah  menambah wawasan legislatif untuk meningkatkan semangat para mahasiswa yang dimana merupakan calon pemimpin dan calon legislator mendatang," jelasnya. 

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 

Kemudian Alwan juga menambahkan bahwa proses menjadi legislator pertama dimulai dari kampus.

"Kita ingin konsep trias politica yang di dalamnya ada legislatif justru itu perlu kita kuasai dan itu prosesnya dimulai dari kampus," ucapnya.

Sementara Wakil Rektor lll USM, yang membidangi kemahasiswaan dan alumni, Dr. Hambali, S.Fil.I., M.Pd, juga menyampaikan bahwa seminar legislatif  tersebut diperlukan partisipasi para Ketua BEM, Ketua HMJ dan UKK serta UKM. Agar mahasiswa saat tamat dari dunia kampus tentu diharapkan selain mendapatkan ilmu sesuai bidangnya, skill juga mendapatkan pengetahuan melalui seminar-seminar, seperti seminar hari ini.

"Saya apresiasi agar mahasiswa mengerti fungsi legislatif, tidak buta politik. Adapun fungsi legislatif diantaranya, membuat uu, mengawasi pemerintah, menyusun anggaran dan memperjuangkan aspirasi masyarakat," terangnya.

Hambali berharap, seluruh peserta yang menghadiri acara seminar tersebut dapat mengikuti acara dengan tekun sampai dengan selesai.

"Saya berharap kepada seluruh mahasiswa yang berhadir dalam acara seminar legislatif ini mengikuti acara dengan tekun dan mengikuti sampai selesai. Penting untuk menjadi tambahan ilmu dikemudian hari nanti," pungkasnya.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini