-->

Kodam IM Gelar Pelatihan TOT Cabang Olahraga Rugby

25 Oktober, 2024, 05.09 WIB Last Updated 2024-10-24T22:09:39Z
LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - Pengprov Rugby Aceh bekerjasama dengan Kodam Iskandar Muda melaksanakan kegiatan Training of Trainer (TOT) Cabang Olahraga Rugby. Kegiatan ini dilaksanakan di Rindam Iskandar Muda dari tanggal 24 s.d 27 Oktober  2024.

Kegiatan TOT l diikuti 38 orang peserta dari seluruh Batalyon Kesatuan dibawah Kodam Iskandar Muda yang dilaksanakan sesuai dengan arahan dari Panglima Kodam IM Mayjen TNI Niko Fakhrizal M.Tr. (Han). Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan lebih dalam olahraga rugby ke masyarakat khususnya masyarakat Aceh.

Pangdam Iskandar Muda juga sebagai Pembina Pengprov Rugby Aceh mempelopori kegiatan TOT ini sebagai tindak lanjut pembinaan Rugby di Aceh, dimana Cabor Rugby Aceh dibawah kepemimpinan Ketua Ir. PP. Andry Agung, MM, telah mengukir berbagai prestasi di tingkat nasional maupun beberapa Kejuaraan Rugby di Malaysia.

Puncaknya adalah pada PON XXI Aceh-Sumut beberapa waktu yang lalu, Tim Rugby Aceh memperoleh 1 medali emas, 1 medali perak, dan 1 medali perunggu.

Narasumber kegiatan TOT diantaranya adalah Ir. Andry Agung (Ketua Pengprov Rugby Aceh), Septi Heriansyah (Coach Rugby Aceh), Aswadi (Coach Rugby Aceh), Rahmad (Perwasitan), dan Sertu Tunggal Hari Santosa (Asisten Coach).

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Kegiatan TOT ini diharapkan pada akhirnya akan melahirkan bibit-bibit baru atlet rugby yang bisa membawa harum nama Aceh juga dapat menjadi atlet rugby nasional ke depannya.
Foto ketika Mayjen TNI Prabowo Subianto memperkenalkan Rugby di Akmil - Magelang tahun 1997. (Foto IG M. Iftitah)
Sebagai kilas balik, dari catatan Letkol (Purn) Iftitah S Suryanegara, Menteri Transmigrasi RI, dimana olahraga Rugby ini pada tahun 1997 diperkenalkan kepada taruna Akmil oleh Mayjen TNI Prabowo Subianto yang kala itu menjabat sebagai Danjen Kopassus, beliau menyampaikan kepada para taruna. Katanya, Rugby adalah olahraga untuk para petarung: adu strategi, kerjasama tim, dan keberanian.

Ketua Umum PB Rugby Indonesia Dr. Didik Mukrianto, SH, MH, ketika dihubungi melalui telepon seluler menyambut baik dan memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Pangdam IM dan jajaran yang telah bekerjasama dengan Pengprov Rugby Aceh mengadakan kegiatan TOT Cabang Olahraga Rugby ini.

“Ketua Umum PRUI mengharapkan kegiatan seperti ini akan menjadi trigger atau pemicu daerah- daerah lain melaksanakan kegiatan yang sama dalam mengembangkan olahraga rugby di seluruh indonesia,” kata Didik.

Setelah kegiatan TOT ini, Kodam IM dibawah pimpinan Pangdam Mayjen TNI Niko Fahkrizal M.Tr (Han) bekerjasama dengan Pengprov Rugby Aceh juga akan mengadakan turnamen rugby di awal Desember tahun 2024 ini, dimana turnamen tersebut akan diikuti 14 tim peserta.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini