-->

Jelang Akhir Masa Jabatan, Jokowi Resmikan Gedung Amanah

13 Oktober, 2024, 18.37 WIB Last Updated 2024-10-13T11:37:55Z
LINTAS ATJEH | ACEH BESAR - Menjelang akhir masa jabatannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan meresmikan langsung Gedung Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) pada Selasa (15/10/2024).

Gedung AMANAH ini menjadi wujud nyata kepedulian Presiden Jokowi untuk penguatan dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan lokal Aceh, UMKM di Aceh terutama untuk para pemuda. Amanah merupakan bentuk komitmen Presiden Joko Widodo untuk memajukan UMKM Aceh agar berdaya saing global.

Salah satu tujuan pembangunan Gedung Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) adalah untuk mendorong kreativitas dan membuka kesempatan karir bagi generasi muda di Aceh. Gedung ini nantinya akan berfungsi sebagai tempat pelatihan yang dilakukan oleh AMANAH agar para generasi muda memiliki akses secara merata dan semakin luas menuju lapangan pekerjaan yang terbuka lebar.

Gedung AMANAH juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern yang dirancang untuk mendukung kreativitas dan inovasi. Salah satu fasilitas unggulannya adalah Rumah Kemasan, yang berfungsi sebagai pusat pengembangan desain kemasan untuk produk-produk kreatif karya anak muda Aceh, seperti parfum, tumbler, dan berbagai barang kerajinan lainnya. Rumah Kemasan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah produk lokal dengan kemasan yang lebih menarik dan sesuai standar pasar global, sehingga dapat bersaing di tingkat internasional.

Gedung AMANAH ini dirancang sebagai pusat inovasi dan kreativitas bagi anak-anak muda Aceh. Amanah merupakan bentuk kepedulian nyata Presiden Joko Widodo untuk terus mendukung pengembangan dan kemajuan ekonomi rakyat Aceh yang dimotori oleh kalangan pemuda.

Salah satu tujuan pembangunan Gedung Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) adalah untuk mendorong kreativitas dan membuka kesempatan karir bagi generasi muda di Aceh.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 

Untuk diketahui, gedung ini dibangun di atas tanah seluas 5 hektar dengan bangunan seluas 1,9 hektar. pembangunan gedung ini diinisiasi oleh Badan Intelijen Indonesia (BIN) bersama dengan stakeholder lainnya atas perintah Presiden Jokowi.

Sekilas tentang AMANAH

AMANAH merupakan Program Unggulan Presiden Joko Widodo dalam bidang pemberdayaan di Aceh. Yang bertujuan untuk mencakup sebanyak mungkin anak muda Aceh dari berbagai bidang ekonomi kreatif, mulai dari pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan, seni budaya, olahraga, teknologi sampai enterpreneurship/UMKM.

Maksud dan Tujuan AMANAH

Begitu banyaknya potensi unggul dan hebat dari pemuda pemudi Aceh yang siap berperan penting dalam pembangunan dan kemakmuran Tanah Aceh. Untuk itu, atas inisiasi Presiden, dibawah binaan BIN, dan dibangun oleh Kementerian PUPR, serta didukung oleh Pemerintah Aceh dan PT PEMA, dibangunlah sebuah gedung yang akan menjadi sarana dan prasarana untuk mendukung terlaksananya Program AMANAH. 

Program AMANAH (Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat) akan menjadi ruang dan wadah bagi pemuda-pemudi Aceh, AMANAH hadir untuk menjadi pusat pengembangan kreativitas, inovasi, dan teknologi untuk kepentingan kemakmuran dan kemajuan Tanah Aceh dan Indonesia.

Fungsi AMANAH
* Pusat Kreatifitas berbasis budaya Aceh
* Pusat Pelatihan dan Workshop
* Pusat inkubator pelaku UMKM
* Ruang Kolaborasi antar organisasi atau kelompok
* Ruang Galeri Seni dan Pameran
* Sentra Teknologi yang menjadi pusat teknologi
* Program Kreatif Berbasis Lingkungan
* Pusat Kegiatan Budaya dan Seni
* Kemitraan dan Jaringan

Benefit Keanggotaan AMANAH
1. Mendapatkan prioritas untuk mengikuti berbagai pelatihan yang diadakan oleh masing-masing sektor program.
2. Para anggota bisa mengikuti beragam kompetisi yang diselenggarakan oleh AMANAH dari berbagai sektor program.
3. Berpeluang untuk memperluas jaringan usaha melalui program digital marketing AMANAH. (term of condition)
4. Berkesempatan untuk mendapatkan pendampingan dan pengawasan dalam perkembangan bidang ekonomi kreatif. (term of condition)
5. Berbagai fasilitas gedung AMANAH  dengan standart profesional yang bisa menjadi wadah dalam mengembangkan usaha juga minat dan bakat anggota AMANAH

7 Sektor Unggulan AMANAH

* Pertanian: Nilam, padi, cabai, ubi;
* Peternakan: Ayam petelur, bebek petelur, sapi Aceh;
*  Perikanan: Garam, Bioflok;
* UMKM: Kriya+craft, fashion, F & B (kopi, teh, coklat dan jasa), body+skin care;
* Olahraga: Futsal, basket
* Industri ekonomi kreatif: menyanyi, menari, content creator /influencer, fotografi/videografi, dumb band, teknologi, barista/roaster;
* Social Movement: Pendidikan, Lingkungan.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini