-->

Fokus Tingkatkan Literasi Anak, Komunitas SAN Chapter Aceh Adakan Sekolah Nusantara

10 Agustus, 2024, 23.50 WIB Last Updated 2024-08-10T16:50:04Z
LINTAS ATJEH | ACEH BESAR - Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) melangsungkan kegiatan pembukaan Sekolah Nusantara (SN)  dengan tema "Membumikan Inovasi dengan Literasi". Kegiatan ini dilaksanakan di Meunasah Gampong Krueng Anoi, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (10/08/2024).

Tujuan dari SN ada 3, yakni yang pertama untuk menjalankan misi 3M (Menginspirasi, Mengedukasi dan Memotivasi) bagi anak-anak yang ada di daerah. Kedua untuk meningkatkan pengetahuan, budi pekerti, kepribadian, keterampilan dan minat baca. Terakhir untuk membantu mewujudkan Indonesia Emas.

Ketua Panitia Sekolah Nusantara, Cut Ulfa menyampaikan, kegiatan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca dan literasi, terutama pada anak-anak. 

"Karena rendahnya minat baca dan literasi, terutama pada anak-anak yang sudah mengenal gadget pada masa sekarang, dan dengan adanya SN ini bisa meningkatkan literasi, membentuk karakter, serta mengembangkan keterampilan dasar pada anak-anak," ungkap Ulfa. 

Dalam kegiatan SN ini ada sebanyak 65 pengajar dan akan dilaksanakan selama 5 bulan kedepannya setiap Sabtu/Minggu dimulai dari Agustus hingga Desember 2024.

Lebih lanjut, Ulfa mengatakan ada perbedaan lokasi antara SN 2024 dengan yang sebelumnya, dimana tahun lalu dilaksanakan di Gampong Alue Naga bersama para Volunteer yang terpilih. 

"Lokasi SN tahun lalu di adakan di Gampong Alue Naga yang dimana daerahnya dekat laut sedangkan tahun ini di adakan di Gampong Krueng anoi, yang pemandangannya merupakan persawahan dan gunung," lanjut Ulfa. 

Keuchiek Gampong Krueng Anoi, Ridwan, berharap penyampaian materi akan lebih banyak disampaikan terkait materi lokal agar anak-anak bisa mengingatnya. 

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 

"Semoga nanti materi yang diajarkan kepada anak-anak lebih banyak materi materi lokal seperti tokoh pahlawan Aceh supaya anak anak bisa mengingat kembali," katanya. 

Sekretaris Camat Kuta Baroe, Khadiani menyampaikan agar nantinya kegiatan yang dilaksanakan bisa berdampak luas kepada masyarakat Kuta Baro, Aceh Besar. 

"Kegiatan yang dilaksanakan nanti bisa disinkronisasi dengan kegiatan yang ada di desa. Dan dampaknya bisa meluas paling tidak untuk masyarakat Kuta Baro," harapnya. 

Koordinator SAN Chapter Aceh, Rafli Ananda menyampaikan alasan memilih tempat di Gampong Krueng Anoi karena potensi daerahnya yg besar sehingga anak-anak memiliki potensi yang besar juga nantinya. 

"Yang menjadi pertimbangan pertama adalah pemerataan daerah untuk melakukan kegiatan, kami menghindari untuk melakukan kegiatan ditempat yang sama berulang khususnya dalam kegiatan SN, sebagai wujud pemerataan pendidikan," jelas Rafli. 

Ia berharap dari kegiatan ini bisa mendapatkan hasil yang terbaik dan bisa berjalan lancar selama 5 bulan kedepan. 

"Harapan saya semoga kita mendapatkan hasil terbaik dari SN tahun ini, selain itu juga saya berharap agar SN dapat berjalan lancar selama beberapa bulan kedepan tanpa hambatan," pungkasnya.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini