-->

Tingginya Angka Karhutla di Aceh Selatan, LEPPAMI Ajak Tingkatkan Kesadaran Lingkungan

24 Juli, 2024, 20.36 WIB Last Updated 2024-07-24T13:36:17Z
LINTAS ATJEH | ACEH SELATAN - Tonicko Anggara, Aktivis dari Lembaga Pariwisata dan Pecinta Alam Mahasiswa Islam (LEPPAMI) ikut menyoroti tingginya angka Karhutla di Kabupaten Aceh Selatan. 

Data dari hasil rekapitulasi bencana 2024 yang diterbitkan oleh BPBD Aceh Selatan, tercatat sejak tanggal 17 Mei 2024-24 Juli 2024 Karhutla telah terjadi sebanyak 29 (Dua puluh sembilan) kali di berbagai kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan. 

"Dari hasil diskusi dengan pihak BPBD Aceh Selatan, terungkap bahwa selain dikarenakan faktor cuaca ekstrem, pemanasan global dan juga curah hujan yang rendah. Diketahui sebab Karhutla pada umumnya juga  banyak dikarenakan oleh ulah manusia itu sendiri seperti pembukaan lahan untuk pertanian, kebiasaan membakar untuk pembersihan lahan, kegiatan industri yang tidak dikelola dengan baik, dan kelalaian manusia," jelas Tonicko kepada media ini, Rabu (24/07/2024).

Ia juga menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan hidup, mengingat pada saat ini dunia sedang dilanda pemanasan global yang disertai curah hujan yang rendah sehingga menyebabkan kekeringan dan cuaca ekstrem. 

"Dengan meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan hidup, kita dapat mencegah terjadinya Karhutla yang bersumber dari manusia itu sendiri," sambungnya. 

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 

"Alhamdulillahnya, BPBD Aceh Selatan juga telah melakukan upaya penanggulangan dengan melibatkan pemantauan, pengawasan, penegakan hukum, dan edukasi masyarakat. Ini tentu sangat efektif untuk mencegah Karhutla kembali terulang. Ini tentunya harus juga mendapat dukungan dan andil dari masyarakat itu sendiri karena menjaga alam adalah kewajiban dan tanggung jawab bagi seluruh manusia," ungkapnya Tonicko. 

Kalak BPBD juga mengeluarkan himbauannya berisi:

Himbauan Kalak BPBD Aceh Selatan 

Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)

Kepada seluruh masyarakat, kami mengingatkan akan bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang dapat merusak lingkungan, kesehatan, ekonomi, dan kehidupan sosial. Untuk mencegahnya, hindari membakar lahan, laporkan segera tanda-tanda kebakaran, tingkatkan kesadaran melalui edukasi, berpartisipasi aktif dalam kegiatan pencegahan, dan patuhi aturan pemerintah. Mari kita jaga lingkungan bersama demi masa depan yang lebih baik

Laporkan segera jika terjadi Karhutla di sekitar anda ke Call Center BPBD Aceh Selatan 08116783280

Kita Jaga Alam Alam Jaga Kita
Kepala Pelaksana BPBD Aceh Selatan
H. Zainal A SE, M.Si

"Mari kita jaga alam, maka alam akan jaga kita," tutup Tonicko.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini