-->

Kementerian ESDM Bersama Anggota DPR RI Komisi VII Resmikan Bantuan PJUTS

28 Juli, 2024, 12.34 WIB Last Updated 2024-07-28T05:34:22Z

LINTAS ATJEH | INDRAMAYU - Sebanyak 500 titik penerangan jalan umum tenaga Surya (PJUTS) yang merupakan usulan H.Bambang Hermanto anggota Komisi VII DPR RI secara resmi diserahkan kepada masyarakat dan pemerintah kabupaten Indramayu, Sabtu (27/07/2024).

PJUTS tersebut telah tersebar di berbagai pelosok Kabupaten Indramayu. Keberadaan ratusan PJUTS juga merupakan program dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Komisi VII DPR RI, hadirnya PJUTS di Indramayu merupakan hasil dari kerja anggota DPR RI H. Bambang Hermanto.

Bambang Hermanto dalam siaran persnya menyatakan, kehadiran ratusan PJUTS ini merupakan salah satu komitmen saya dalam membangun Kabupaten Indramayu, tentu dengan adanya PJUTS tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat serta memberikan dampak positif terhadap kemajuan sebuah wilayah, mulai dari tumbuhnya perekonomian serta terjaganya keamanan dan ketertiban di Indramayu.

Lanjut Bambang Hermanto, kegiatan hari ini adalah serah terima dan peresmian atas PJUTS yang sudah terbangun, semestinya pemerintah daerah Indramayu hadir dalam peresmian ini, karena kita sudah berjuang mulai dari perencanaan, anggaran dan pelaksanaan ini kami lakukan di DPR RI demi kepentingan masyarakat Indramayu, tapi bagi saya tidak menjadi satu persoalan, yang terpenting kita sudah menyerahkan kepada masyarakat dan masyarakat tahu siapa yang berjuang untuk Kabupaten Indramayu.
TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 

Selain anggota Komisi VII DPR RI, hadir juga Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Senda Hurmuzan Kanam, dalam sambutannya menyatakan pemasangan PJUTS juga merupakan salah satu langkah pemerintah sebagai upaya pengurangan emisi gas rumah kaca melalui pemanfaatan energi bersih, yang minim emisi dan ramah lingkungan. Untuk mencapai target Net Zero Emission (Nol Emisi Karbon) pada tahun 2060 atau lebih cepat.

Selain itu, seiring dengan diterapkan nya tariff adjustment bagi golongan rumah tangga berdaya 3.500 VA atau lebih dan golongan Pemerintah, termasuk di dalamnya golongan tarif Penerangan Jalan Umum (P3), maka pemasangan PJU Tenaga Surya ini sangat bermanfaat bagi Pemerintah Daerah untuk menghemat pengeluaranPendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari pajakpenerangan jalan.

Hingga tahun 2023, PJUTS yang telah terbangun sebanyak 23.056 atau setara menerangi jalan sepanjang 1.152 km, yang tersebar di 31 (tiga puluh satu)Provinsi di wilayah Indonesia, dengan demikian program pemasangan PJU-TS telah dilaksanakan oleh Kementerian ESDM c.q. Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) sejak tahun anggaran 2015 hingga 2023 telah terpasang 135.719 unit atau setara menerangi jalan sepanjang 6.785 KM. Tutup Senda.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini