-->

Jalanan Rusak di Wilayah Kecamatan Kluet Utara, Siapa Harus Bertanggung Jawab?

10 Juli, 2024, 19.44 WIB Last Updated 2024-07-10T12:44:36Z
LINTAS ATJEH | ACEH SELATAN - Pulo Kambing merupakan salah satu gampong yang ada di Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Di Gampong Pulo Kambing sendiri terdapat jalan yang rusak kondisinya sangat memperihatinkan. Ruas jalan tersebut akses masyarakat yang menghubungkan Kecamatan Kluet Utara dan Kecamatan Kluet Tengah di Kabupaten Aceh Selatan. 

Kondisi jalan tersebut tidak hanya terjadi di Gampong Pulo Kambing akan tetapi terjadi juga di gampong tetangga, Gampong Limau Purut terlihat jalan yang berlubang sepanjang 2 kilometer.

Terlebih pada musim hujan tiba, jalan yang berlubang tersebut digenangi air hujan sehingga menyebabkan jalan yang berlubang tidak terlihat. Apalagi pada saat malam hari tiba masyarakat yang melintasinya tidak tahu karena digenangi  air hujan. Tidak jarang masyarakat yang hampir jatuh saat melewati jalan tersebut. 

Masyarakat setempat  mengeluhkan kondisi jalan yang berlubang yang ada di Gampong Pulo Kambing dan Gampong Limau Purut. Menurut mereka,  Pemerintah Aceh Selatan seakan tutup mata dan tutup telinga tidak menghiraukan kondisi permasalahan jalan yang berlubang. Karena sudah lama sekali jalan Gampong Pulo Kambing dan jalan Gampong Limau Purut dibiarkan begitu saja.

Salah satu masyarakat, Nur Aslamiah turut menyoroti jalan yang berlubang tersebut. Beberapa akibat yang akan terjadi kalau aspal atau jalan rusak. Bagi kendaraan kita sendiri, kadang ban bocor, ataupun bagian lainnya rusak, sehingga kita perlu biaya dan waktu untuk memperbaikinya. 

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 

"Terus jalan rusak tersebut banyak jadi penyebab masyarakat kecelakaan gara-gara ngerem mendadak karena menghindari lubang. Jadi untuk itu diperlukan perbaikan," ujar Nur Aslamiah kepada media, Rabu (10/07/2024).

"Harapan saya aspal ataupun jalan yang sudah rusak dan berlubang itu agar diperbaiki dan dipelihara secara berkala. Misalnya penggantian lapisan aspal yang sudah lama rusak, sudah  retak atau lubang kecil akan  menjadi masalah semakin besar kalau tidak diperbaiki secepatnya. Hal itupun  perlu ada kerjasama antara pemerintah dan masyarakat sendiri," imbuhnya.

Sementara itu salah satu Aktivis Muda Aceh Selatan, Mawi mengatakan regulasi Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan harus memperhatikan keluhan masyarakat khususnya Kecamatan Kluet Utara dimana banyak jalan yang berlubang yang harus diperhatikan karena jalan yang berlubang tersebut menyebabkan masyarakat tidak nyaman saat melintasinya.

Dijelaskannya, bahkan apabila jalan tersebut tergenang air hujan yang turun membuat jalan berlubang ketika malam hari banyak masyarakat hampir kecelakaan akibat jalan berlubang di Gampong Pulo Kambing dan Gampong Limau Purut.

"Suara yang kami berikan percuma saja, kami hanya meminta jalan ini harus diperbaiki saja, cuma itu saja. Apakah ini balasannya setelah suara sudah kami berikan seakan lupa begitu saja," tukas Mawi.[Syahrul Amin/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini