-->

Fakta Tentang Objek Wisata Bukit Lamreh

01 Maret, 2024, 02.40 WIB Last Updated 2024-02-29T19:40:13Z
LINTAS ATJEH | ACEH BESAR - Bukit Lamreh merupakan perbukitan yang tandus menghadap ke samudera Hindia di ujung pulau Sumatera. Terletak di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar. Bukit Lamreh memiliki kontur tanah yang cenderung berbukit-bukit.

Jarak tempuh ke tempat lokasi Bukit Lamreh sendiri berkisar waktu satu jam dari pusat kota, Banda Aceh, atau kurang lebih 39 KM, dengan menyusuri pinggiran pantai bagian Timur pulau Sumatera. Akses masuknya berada di pinggir jalan utama Banda Aceh Laweung lewat lintas pantai Timur, Pulau Sumatera.

Tiket  harga masuk ke tempat tersebut setiap pengunjung dikenai biaya Rp. 10.000 per orang. Biaya masuk tersebut dikutip oleh warga setempat yang berjaga di pintu jalan menuju ke arah pantai.

Salah satu keindahan yang disajikan Bukit Lamreh sendiri yaitu pemandangan laut dengan tebing yang langsung berbatasan dengan laut dalam. Selain itu, cekungan pantai berpasir putih yang membentang mulai dari kawasan ini hingga ke pantai pasir putih Lhok Me, juga menjadi salah satu keindahan alam yang tidak bisa dilewatkan oleh para pengunjung.

Akan tetapi, tidak sedikit pula pengunjung wisata Bukit Lamreh yang mengeluhkan tentang infrastruktur yang ada. Diantaranya yaitu jalan untuk menuju Bukit Lamreh dan toilet umum serta tempat ibadah atau mushola.

Diva Yolanda, salah satu wisawatan yang berkunjung ke Bukit Lamreh mengatakan bahwa Bukit Lamreh ini sendiri sebetulnya bagus dan menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan karena menyajikan pemandangan laut yang indah serta hamparan pasir yang begitu indah.

"Kita sangat menikmati, tapi sayangnya jalan untuk menuju kesana tidak seindah ekspetasi yang saya harapkan. Karena jalan berkerikil, tidak sedikit banyak wisatawan yang bocor ban kereta setelah tiba di sana," ungkapnya.

"Semoga di tahun depan apabila saya berkunjung lagi kesini jalanan ini sudah diperbaiki sehingga memudahkan pengunjung ke tempat ini," harap Diva. 
TERIMA KASIH TELAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 

Sementara Dian Makhfirah MD salah satu wisawatan yang turut menyoroti objek wisata Bukit Lamreh mengatakan objek wisata disini sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga maupun bersama teman-teman. Karena tempat ini menyajikan pemandangan yang begitu indah untuk dinikmati.

"Akan tetapi ada minusnya, belum adanya tempat ibadah atau mushola untuk melakukan sholat bagi pengunjung apabila telah masuk waktu sholat dzuhur atau ashar. Banyak pengunjung tidak bisa melakukan sholat, bahkan terlihat sejumlah keluarga besar yang berkunjung ke tempat ini sholat seadanya dengan tikar koran sebagai sajadah," imbuhnya. 

Tidak hanya jalanan dan tempat Ibadah yang menjadi sorotan pengunjung apabila berkunjung ke tempat ini, toilet umum juga menjadi sorotan. 

Nurul Amalina, salah satu pengunjung tempat wisata ini juga mengeluhkan  buruknya fasilitas toilet yang disediakan. 

"Toilet umum seadanya, bau dan tirai yang menutupi toilet hanya kain yang dibentangkan bahkan tidak sedikit pengunjung terpaksa bingung mau cari toilet lain gak ada, terpaksa pakai toilet kotor," keluhnya. 

"Seharusnya dengan destinasi wisata yang disajikan yang kita nikmati, infrastruktur di dalamnya dapat kita nikmati dengan baik, sesuai dengan tempat objek wisata yang kita kunjungi sangat  indah tapi berbanding terbalik dengan infrastruktur yang ada di tempat objek wisata ini," bebernya. 

Sementara pengunjung lainnya mengatakan, bintang empat untuk destinasi wisatanya tapi bintang satu dengan infrastruktur yang ada di Bukit Lamreh ini. 

"Seharusnya dengan uang pemasukan dari tiket masuk ke tempat ini bisa untuk membangun mushola dan toilet umum agar wisatawan berkunjung ke tempat ini puas dengan pelayanan fasilitasnya  tidak lagi mengeluhkan tempat mushola dan toilet umum yang kotor, bau bahkan tidak layak apalagi toilet umum hanya ditutupi dengan helaian kain," ujar Dilla Almarha Revita salah satu pengunjung yang ikut mengeluhkan tentang fasilitas infrastruktur yang ada di Bukit Lamreh tersebut. 

Harapannya, kepada pemerintah kabupaten/kota agar memperhatikan fasilitas infrastruktur salah satu objek wisata atau surga yang terpendam di Bukit Lamreh Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

"Agar masyarakat atau para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini menjadi nyaman untuk menikmati objek wisata Bukit Lamreh," katanya.[Syahrul Amin/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini