-->

RSCM Gelar Pelatihan "In House Training Medication Error"

17 September, 2023, 00.10 WIB Last Updated 2023-09-16T17:15:39Z


LINTAS ATJEH | LANGSA - Guna meningkatkan pelayanan terhadap pasien dan mengantisipasi terjadinya kesalahan dalam melakukan tindakan media, Rumah Sakit Cut Meutia (RSCM) Langsa menggelar pelatihan untuk seluruh karyawan.


Kegiatan berjudul "In House Training Medication Error" tersebut dilaksanakan di Aula Balee Meusapat PTPN I Aceh, Sabtu (16/09/23).


"Medication Error ini adalah suatu kejadian yang dapat merugikan pasien dan juga keselamatan pasien yang dikarenakan pemberian obat yang salah," kata Kepala RSCM Langsa, dr. Hanafi kepada LintasAtjeh.com.


TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM


Ia menjelaskan, kesalahan pengobatan (medication error) dapat terjadi pada 4 fase, yaitu kesalahan peresepan (prescribing error), kesalahan penerjemahan resep (transcribing erorr), kesalahan menyiapkan dan meracik obat (dispensing erorr), kesalahan penyerahan obat kepada pasien (administration error).


"Jadi, Manajemen RSCM perlu memberikan edukasi lebih untuk meningkatkan pengetahuan SDM, terutama Tenaga Kesehatan (Nakes) dalam mencegah terjadinya medication error ini sehingga tidak terjadi hal-hal yang merugikan pasien yang dirawat di RSCM nantinya," ungkap Hanafi.


'Pelatihan ini melibatkan seluruh tenaga kesehatan dan non kesehatan di rumah sakit, terutama Dokter, Apoteker, Tenaga Teknis Kefarmasian, Perawat, Bidan," pungkas Hanafi. [Sm]

Komentar

Tampilkan

Terkini