-->

Keuchik Cot Tunong: Ayo Kita Cegah Penyakit Kanker dengan Donor Darah

08 Agustus, 2023, 11.54 WIB Last Updated 2023-08-08T04:54:01Z
LINTAS ATJEH | BIREUEN - Keuchik Cot Tunong Hasaballah Hasan (52) melalui media ini, Selasa (08/08/2023), mengajak warga untuk donor darah di Desa Cot Tunong, Kecamatan Gandapura yang akan diadakan pada hari Kamis tanggal 10 Agustus 2023 ini.

Kegiatan tersebut dilakukan  ketika acara posyandu desa yang rutin setiap bulan. Namun kali ini lebih menarik dengan adanya geliat donor darah bekerjasama dengan PMI Kabupaten dan Rumah Sakit Umum Fauziah Bireuen.

Menurut Keuchik Hasballah yang didampingi pihak keamanan kecamatan dan Sekdes Gampong Cot, Jabeet Dahlan di salah satu warong di Gureugok menyebutkan, bahwa acara tersebut akan dihadiri oleh berapa tokoh atau Pejabat Kabupaten Bireuen dalam mendonor darah maupun meramaikannya untuk lebih meriah dan memberi semangat kepada warga atau para pihak yang ikut mendonor.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 

"Manfaat yang pertama dari kegiatan donor darah adalah dapat munurunkan resiko kanker," kata keuchik yang baru 2 tahun memimpin desa itu.

Hal yang sama terkait manfaat donor darah ditambahkan oleh Bidan Desa setempat, Cut Mutia, Amd, Keb, yang dihubungi melalui mobile selulernya mengatakan donor darah sangat bermanfaat.

"Karena zat besi yang berlebihan di dalam tubuh dapat menimbulkan radikal bebas yang lebih tinggi dimana tingginya radikal bebas dapat memicu tumbuhnya kanker. Dan dengan mendonorkan darah, zat besi di dalam tubuh akan berkurang dan tidak melebihi yang semestinya," ujarnya. 

"Donor darah sangat baik hal itu, dapat mencegah penyakit jantung juga menurunkan berat badan dan mendeteksi penyakit serta meningkatkan produksi sel darah merah," tutup Cut Mutia yang sudah belasan tahun membantu warga Cot Tunong dalam berbagai hal terkait kesehatan.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini