-->

Pelayanan Pukesmas Kecamatan Sawang Buruk, Gepra Minta Bupati Aceh Selatan Copot Kapus

02 Juli, 2023, 10.23 WIB Last Updated 2023-07-02T03:23:40Z
LINTAS ATJEH | ACEH SELATAN - Ketua Gerakan Peduli Rakyat Aceh (Gepra) Refan Kumbara sangat geram atas perlakuan para perawat dalam pelayanan Puskesmas Kecamatan Sawang, Aceh Selatan terhadap pelayanan pasien masih  pilih kasih. Tugas perawat piket seharusnya melayani, menerima pasien masyarakat yang sakit membutuhkan penanganan segera, bukan berdalih dengan berbagai alasan prosedural dan SOP .

"Kondisi ini bukan sekali dua kali terjadi di Puskesmas Kecamatan Sawang atas laporan masyarakat sehingga jika hal ini terus dibiarkan artinya slogan Aceh Selatan hebat di bidang kesehatan di bawah kepemimpinan Bupati Tgk. Amran tidak sejalan dengan visi -misi pemerintah Aceh Selatan hari ini dalam hal pelayanan kesehatan di tingkat kecamatan masih sangat buruk," ungkapnya.

Ketua Gepra Refan Kumbara menilai kondisi ini ada yang tidak beres di tingkat manajemen Kepala Puskesmas Kecamatan Sawang. Dirinya selaku perwakilan masayarakat Sawang meminta bupati untuk segera mencopot kepala puskesmas agar kasus serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari terhadap masayarakat Kecamatan Sawang.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 

Refan Kumbara menilai jika pelayanan di tingkat kecamatan masih buruk dan belum maksimal. Artinya ada yang salah dalam majemen kepala puskesmas, tugas perawat bukan hanya hadir piket, tapi bagaimana jika ada masayarakat yang membutuhkan penanganan UGD.

'Seharusnya mereka harus sigap melayani dan bukan bicara soal prosedural tapi ditangani dulu sehingga ada tangungjawab mereka terhadap pelayanan di tengah-tengah masayarakat," sebutnya. 

"Belajar dari kasus ini, saya meminta bupati untuk segera melakukan evaluasi Kepala Puskesmas Kecamatan Sawang agar kondisi ini tidak terjadi terus menerus dalam hal pelayanan kesehatan di Kecamatan Sawang kepada masayarakat yang membutuhkan pelayanan yang baik," pintanya. 

Refan Kumbara juga meminta kepala puskesmas tidak hanya saja bertanggungjawab terhadap jabatan, tapi juga harus bertanggungjawab terhadap profesi dan manajemen puskesmas.

"Sehingga pelayanan kesehatan di Kecamatan Sawang betul-betul dapat dirasakan oleh masyarakat Sawang dengan baik, dan masayarakat dapat merasakan kehadiran pelayanan kesehatan yang melayani, bukan sebaliknya dioayani," ungkapnya.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini