-->

Mahasiswa KKN Unsyiah Buat Pakan Ternak dari Limbah Pertanian

15 Agustus, 2017, 10.33 WIB Last Updated 2017-08-15T03:33:05Z
ACEH UTARA - Mahasiswa KKN PPM Unsyiah melaksanakan program utama di Desa Meunasah Pinto, Kabupaten Aceh Utara, Senin (14/08/2017). KKN PPM 07 dengan program utama yaitu "Pemberdayaan Masyarakat Peternak Melalui Penerapan Teknologi Fermentasi Complete Feed Berbasis Limbah Pertanian dan Industri Pertanian di Muara Batu".

Program ini dipimpin oleh Prof. Dr. Ir . Samadi, M.Sc, dari Fakultas Peternakan Unsyiah. Tujuan dari program ini adalah untuk pemberdayaan masyarakat peternak dengan cara pembuatan pakan pemanfaatan hasil limbah pertanian dan sangat bermanfaat untuk keberlangsungan swasembada daging di daerah.

Mahasiswa KKN PPM 07 yang ditempatkan di Desa Meunasah Pinto telah selesai melaksanakan program pembuatan complete feed tersebut, dihadiri dan disaksikan oleh masyarakat setempat. Program dilaksanakan mulai pukul 08.00 s.d 12.00 siang, disambut sangat baik oleh masyarakat Desa Meunasah Pinto.

Rahmat Kartolo selaku Penyuluh Peternakan Kecamatan Muara Batu menyampaikan bahwa complete feed ini berguna sebagai pakan alternatif pada saat musim paceklik yaitu musim hujan, musim kemarau dan pada saat masyarakat banyak turun ke sawah.

Dijelaskannya, Complete Feed ini merupakan pakan yang dapat dibuat dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau. Bahan-bahan yang dapat digunakan dalam pembuatan complete feed diantaranya yaitu sagu, dedak, onggok, bungkil sawit, molases, EM4 dan juga mineral.

"Kami sangat berharap masyarakat dapat mengaplikasikan kembali ilmu yang telah mereka dapatkan hari ini. Sudah saatnya masyarakat mampu membuat pakan alternatif sendiri sebagai upaya peningkatan kualitas pakan ternak dan menjadikan Aceh Utara sebagai lumbung sapi terbesar di Aceh," harapnya.[*]
Komentar

Tampilkan

Terkini