-->

Kemenpar RI Gelar Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan di Bumi Muda Sedia

25 April, 2017, 14.35 WIB Last Updated 2017-04-25T07:35:05Z

ACEH TAMIANG - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) menggelar Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan bagi komponen masyarakat sipil kabupaten yang bergelar Bumi Muda Sedia di Aula Gedung SKB Karang Baru, Aceh Tamiang, Selasa (25/4/2017).

Pantauan Lintasatjeh.com, kegiatan tersebut bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Pemkab Aceh Tamiang yang didukung oleh anggota DPR RI dari Komisi X Dapil NAD II, Partai Demokrat Aceh, Muslim, SHi,MM. Jumlah peserta ± 150 orang, yang terdiri dari para pegiat wisata dan elemen masyarakat sipil di Kabupàten Aceh Tamiang.

Kepala Bidang PSDMK Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI), selaku ketua panitia, Dra. Yulia, dalam laporannya mengatakan pelatihan bahwa ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dasar kepariwisataan dan membangkitkan keingintahuan masyarakat terhadap kepariwisataan.

"Pihak kami berharap agar setelah mengikuti pelatihan ini masyarakat dapat mengenal pariwisata dan sekaligus dapat terlibat mempromosikan objek wisata. Dengan begitu, para wisatawan akan tertarik berkunjung ke Kabupaten Aceh Tamiang," terangnya.

Bupati Aceh Tamiang, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Aceh Tamiang, Drs. Rudiyanto mengatakan, Kabupàten Aceh Tamiang memiliki objek wisata yang yang beragam, mulai dari wisata pantai, gunung, air terjun,  pemandian air panas hingga objek wisata sejarah budaya.

Kata Rudianto, salah satu destinasi wisata yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan yakni objek wisata Pemandian Alam Gunung Pandan yang terletak di Kampung Selamat Kecamatan Tenggulun. Pada tahun 2017, kurang dari 7.000 wisatawan lokal yang berkunjung di tempat wisata tersebut.

Dia menambahkan, destinasi wisata berikutnya yang banyak dikunjungi adalah objek wisata Kuala paret yang berada di Kampung Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu. Objek wisata Kuala paret memiliki panorama alam yang sangat indah karena terdapat aliran air yang mengalir disisi tebing yang menyerupai guci guci alam dan tertata menghiasi sisi sungai.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada anggota DPR RI Komisi X, Bapak Muslim, SH. MM dan Kementrian Pariwisata yang telah dapat menyelenggarakan pelatihan dasar Sumber Daya Manusia Kepariwisataan bagi masyarakat di Kabupaten Aceh Tamiang," terang Rudiyanto.

Sementara, anggota DPR RI komisi X, Muslim,SHi.MM dalam kata sambutannya mengatakan media massa memberikan kontribusi penting bagi citra pariwisata di Indonesia, khususnya Aceh Tamiang agar diketahui dunia.

"Fungsi media media massa merupakan media kontrol untuk melakukan peliputan bersifat edukatif dan memberikan informasi dalam bidang pariwisata, khususnya destinasi wisata kabupaten Aceh Tamiang," ungkap Muslim.

Hadir pada pelatihan tersebut adalah anggota DPR RI Komisi X Muslim, SHi, MM, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Aceh Tamiang Drs. Rudiyanto, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda Olah Raga Kabupaten Aceh Tamiang Syahri, SP, Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang Nora Idah Nita, SE dan sejumlah para undangan, diantaranya Ketua KNPI Aceh Tamiang, Adlin Nur.[Zf]
Komentar

Tampilkan

Terkini