-->

Plt Bupati Aceh Tamiang: Teladani Makna Semangat Kepahlawanan 10 November 1945

11 November, 2016, 10.20 WIB Last Updated 2016-11-11T12:45:23Z
ACEH TAMIANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang memperingati Hari Pahlawan ke -71 Tahun 2016 dalam sebuah pergelaran upacara yang dipimpin langsung oleh Plt Bupati Aceh Tamiang Drs. H. M. Ali Alfata, MM, bertempat di Lapangan Tribun kantor bupati setempat, Kamis (10/11/2016).
  
Bertindak sebagai komandan upacara adalah Lettu Inf. Priman, dan dihadiri oleh  Danyon 111 Raider, Wakapolres, Pimpinan DPRK, Ketua Pengadilan Negeri Kuala Simpang, Ketua MPU, Kepala Kemenag, Ketua KNPI Aceh Tamiang, Sekretaris Daerah, para Asisten, Kepala SKPK, Kabag, Camat dan para peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI/Polri, PNS, Satpol PP, Mahasiswa/i serta para pelajar di Kabupaten Aceh Tamiang.

Membacakan amanat dari Menteri Sosial RI, pemimpin upacara, Drs. H. M. Ali Alfata, MM, menyampaikan bahwa peringatan Hari Pahlawan 10 November 1945 diambil bersadarkan peristiwa "Pertempuran 10 November 1945" di Surabaya, yakni sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing, pasca Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, dan pertempuran tersebut menelan ribuan korban jiwa.

Oleh karena itu, peringatan Hari Pahlawan harus mampu menggali apinya, 'bukan abunya'. Dan dengan meminjam ungkapan Bung Karno bahwa semangat kepahlawanan itu adalah rela berjuang mati-matian dengan penuh idealisme, yaitu mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

"Menteri Sosial RI juga mengharapkan semoga momentum peringatan Hari Pahlawan 10 November 2016 mampu mengambil makna yang terkandung di dalamnya dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada kita semua seperti taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para pahlawan bangsa," demikian amanat yang dibacakan oleh pemimpin upacara, Drs. H. M. Ali Alfata, MM.[Zf]
Komentar

Tampilkan

Terkini