-->

Dugaan Ijazah Aspal Lolos Penetapan, KIP Aceh Jaya Disinyalir Langgar Kode Etik

24 November, 2016, 20.33 WIB Last Updated 2016-11-24T13:33:55Z
BANDA ACEH - Mahasiswa Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Unsyiah. Mauly Harisman mendesak pihak Yayasan Advokasi Rakyat (YARA) Aceh untuk segara membuktikan laporannya terkait penggunaan ijazah asli tapi palsu (Aspal) oleh salah seorang calon wakil kepala daerah Kabupaten Aceh Jaya.

Menurut Mauly, YARA harus bertanggung untuk membuktikan benar atau tidaknya laporan dugaan penggunaan ‘Aspal’ yang mereka laporkan ke Panwaslih Kabupaten Aceh Jaya, karena dugaan tersebut resmi mencuat ke publik setelah pihak YARA menyampaikan laporannya.

"Kita minta YARA segera menindaklanjuti laporannya, apalagi YARA pernah diminta jangan cari sensasi di Pilkada Aceh Jaya. Ini jelas menjadi sebuah tantangan bagi YARA sendiri, jika apa yang dilaporkan itu tidak sampai ke ujung dan tidak tuntas maka publik akan menilai YARA penuh sensasi," ujar Mauly kepada wartawan, Kamis (24/11/2016).

Apabila nantinya dugaan laporan tersebut tidak terbukti maka pihak YARA harus meluruskan dan mengklarifikasi informasi dugaan penggunaan ijazah ‘Aspal’ itu, serta meminta maaf kepada publik karena keresahan terkait laporan pihaknya.

Dan seandainya laporan pihak YARA dapat dibuktikan, maka patut diduga lembaga penyelenggara Pilkada Aceh Jaya telah melakukan pelanggaran kode etik dengan meloloskan dan menetapkan calon yang legalitas dokumen akademiknya yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Apalagi salah seorang Komisioner KIP Aceh Jaya telah mengumumkan ke publik terkait hubungan saudara dirinya dengan salah satu calon kepala daerah yang maju di Pilkada Aceh Jaya tahun 2017.
“Saya berharap YARA tidak asal cakap saja tanpa pembuktian ke publik dengan tidak menindaklanjuti laporan mereka. Kalau memang YARA tidak sanggup mempertanggungjawabkan semua ini selaku bagian dari masyarakat Aceh Jaya, tolong jangan memperkeruh suasana Politik Aceh Jaya menjelang Pilkada 2017 ini,” tutup Mauly.[TIM]
Komentar

Tampilkan

Terkini