-->

Di Aceh Singkil, Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai Digelar di Alun-Alun

15 November, 2016, 20.01 WIB Last Updated 2016-11-15T13:01:53Z
ACEH SINGKIL - Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil menggelar Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai di alun-alun depan Kantor Bupati Aceh Singkil, Selasa (15/11/2016). Apel dipimpin langsung oleh Plt Bupati Aceh Singkil, H. Asmauddin, SE  dengan Komandan Apel IPDA Abdul Malik.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya unsur Forkopimda, PNS, TNI, Polri, elemen masyarakat, Satpol PP, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, kepala desa dan para pelajar yang diperkirakan mencapai 100 orang peserta.

Dalam arahannya, Plt Bupati Aceh Singkil, H. Asmauddin, SE, mengatakan atas nama Kepala Pemerintahan Kabupaten Aceh Singkil memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepolisian Resort Aceh Singkil yang telah menggagas kegiatan Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai.

"Kegiatan ini dilaksanakan adalah dalam rangka untuk membangun kebersamaan dan sinergi dengan seluruh komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Aceh Singkil," ujar Asmauddin.

Ia menjelaskan, bahwa negara Indonesia dibangun atas dasar empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Dan keempat pilar kebangsaan ini menjadi tanggung jawab semua bersama dalam konteks Kebhinekaan.

Walaupun bangsa Indonesia ini terdiri dari berbagai macam suku bangsa yang memiliki kebudayaan dan adat istiadat yang beraneka ragam, namun kesemuanya itu merupakan satu kesatuan.

Walaupun di daerah kita ini berbeda latar belakang suku, agama dan ras. Ia mengajak kepada semua pihak untuk tetap membangun semangat persatuan dan kedamaian di Bumi Syech Abdurrauf As-Singkili.

Di tengah situasi dan kondisi Negara Indonesia saat ini,  masyarakat di Kabupaten Aceh Singkil diharapkan dapat menjaga kesatuan dan persatuan dengan tetap bergandeng tangan serta menyadari keanekaragaman Indonesia dan senantiasa membangun toleransi.

"Marilah kita perkuat tekad dan komitmen untuk membangun persatuan dan persaudaraan menjaga kerukunan beragama sesuai dengan semangat Pancasila. Apalagi saat ini kita juga sudah memasuki tahapan kampanye pilkada serentak untuk memilih Gubernur/Wakil Gubernur Aceh dan pemilihan Bupati/Wakil Bupati Aceh Singkil yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2017 mendatang," ajaknya.

Dijelaskannya, para peserta apel, tentu sudah memiliki pilihan dan bahkan sudah menentukan bakal calon mana yang akan dicoblos. Untuk itu ia mengharapkan kepada para peserta, walaupun pemilihan berbeda, namun jangan sampai terpecah belah, saling bermusuhan, tidak bertegur sapa atau bahkan sampai berkelahi satu sama lain.

"Mari kita laksanakan pilkada ini dengan penuh kesejukan dan kedamaian. Siapapun yang akan menang adalah merupakan kemenangan kita bersama, kemenangan masyarakat Aceh umumnya dan masyarakat Kabupaten Aceh Singkil secara khusus," sebut Asmauddin.

Dalam kegiatan apel tersebut turut serta dirangkaian dengan kegiatan pembacaan ikrar bersama setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Usai Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai dilaksanakan, kemudian dilanjutkan dengan pagelaran seni budaya dari berbagai suku yang ada di wilayah Kabupaten Aceh Singkil.[AS/JML]
Komentar

Tampilkan

Terkini