-->

Akhirnya Timnas Indonesia Melaju ke Semi Final AFF 2016

25 November, 2016, 23.58 WIB Last Updated 2016-11-26T03:28:31Z
IST
JAKARTA - Indonesia akhirnya memastikan lolos ke semifinal Piala AFF 2016 setelah menaklukkan Singapura 2-1. Gol Stefano Lilipaly memastikan kemenangan skuat Garuda.

Singapura memimpin lebih dulu di babak pertama lewat gol Khairul Amri. Namun Indonesia membalas dua gol masing masing lewat gol Andik Vermansyah dan Stefano Lilipaly di babak kedua.

Kemenangan tersebut membuat skuat besutan Alfred Riedl ini lolos sebagai runner up Grup A dengan empat poin. Sementara Thailand menjadi juara Grup A setelah menang 1-0 atas Filipina.

Jalannya Pertandingan   

Pada laga di Stadion Rizal Memorial di Manila, Filipina, Jumat (25/11/2016), Indonesia tampil dengan jersey putih-putih dan Singapura dengan jersey merah-merah.

Skuat Garuda langsung menekan di awal. Peluang dimiliki Indonesia lewat tendangan bebas Stefano Lilipaly yang masih dapat ditepis kiper Hassan Sunny sehingga membentur tiang gawang.

Sementara bola pantul tersebut gagal dimanfaatkan Boas setelah tendangannya melambung di menit ke-5. Tekanan kembali dilanjutkan namun sepakan Bayu Pradana dari luar kotak penalti masih melebar.

Singapura balik menekan lewat tendangan M Yasir Hanapi namun melenceng di sisi kiri gawang. Menit ke-13, Andik tembakan kerasnya dari luar kotak penalti masih melambung tipis di atas gawang.

Tekanan terus coba dilakukan oleh skuat besutan Alfred Riedl tapi masih belum membuahkan hasil. Singapura mampu memimpin 1-0 lebih dulu lewat gol Mohammad Khairul Amri di menit ke-27.

Gol Singapura berawal dari umpan Safuwan dan disambut Khairul Amri yang tidak terkawal dengan tendangan salto yang gagal diantisipasi oleh kiper Kurnia Meiga.

Indonesia mencoba membalas namun usaha Bayu Pradana hanya mengenai sisi jaring gawang. Boaz dan kawan kawan tampak kesulitan untuk bisa membongkar pertahanan Singapura.

Sementara Singapura sekali sekali masih mencoba melepaskan tendangan mengancam gawang Indonesia. Namun hingga turun minum Singapura masih memimpin 1-0 atas Indonesia.    

Di babak kedua, Indonesia mencoba menekan namun peluang berbahaya dimiliki oleh Singapura. Beruntung Kurnia Meiga berada di posisi yang tepat menepis tendangan Khairul Amri di menit ke-48.

Indonesia masih kesulitan untuk bisa membongkar pertahanan Singapura. Pelatih Alfred Riedl mencoba memasukan Ferdinan Sinaga dengan menggantikan Evan Dimas.

Pada menit ke-58 usaha Rizky Pora lewat tendangannya masih jauh dari sasaran. Akhirnya Indonesia menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat sepakan kaki kanan Andik menyambut crossing Rizky Pora di menit ke-62.    

Dua menit kemudian, Kurnia Meiga melakukan penyelamatan gemilang menepis bola sundulan Harris Harun ke atas gawangnya. Tiga menit kemudian dua kali peluang Boaz masih dapat digagalkan Hassan Sunny.

Pada menit ke-78, peluang dimiliki oleh Zulham Zamrun namun masih dapat digagalkan Hassan. Akhirnya Indonesia balik unggul 2-1 di menit ke-84 lewat tendangan keras kaki kanan Lilipaly menyambut umpan tarik Boaz.

Indonesia masih memiliki beberapa peluang ke gawang Singapura. Namun demikian hingga wasit meniupkan peluit panjang Indonesia tetap unggul 2-1 dan memastikan lolos ke semifinal.[Suara.com]
Komentar

Tampilkan

Terkini