-->

Zaman Kerajaan Majapahit, Senjata Buatan Gajah Mada Paling Ditakuti Dunia

22 Oktober, 2016, 11.59 WIB Last Updated 2016-10-22T04:59:52Z
IST
MUNGKIN kita hanya tahu para pejuang Indonesia menggunakan senjata bambu runcing untuk bertarung melawan musuh. Itu karena saat itu Indonesia belum memiliki kemampuan untuk membuat sendiri sendiri.

Tapi, sebenarnya jauh sebelum Eropa datang menjajah Indonesia, para pendahulu kita dari Kerajaan Majapahit sudah memiliki sendiri yang sangat mematikan dan ditakuti oleh dunia loh.

Senjata ini bisa meledak setelah diisi dengan bubuk mesiu ciptaan para ahli senjata kerajaan.

Nah, berikut beberapa pembahasan tentang senjata mematikan dari Kerajaan Majapahit.

1.Latar Belakang Dibuatnya Senjata
IST
Senjata ini dibuat oleh Gajah Mada yang diketahui sangat ahli dalam bidang persenjataan. Dia menguasai banyak teknik pembuatan senjata sehingga Cetbang akhirnya diciptakan. Akhirnya ia membuat senjata berupa sebuah senapan atau mungkin juga bazooka yang akan meledak jika disulut dengan api.

2. Dukungan Pemimpin Majapahit
IST
Awalnya, raja ke-2 Majapahit tidak tertarik dengan senjata Gajah Mada ini. Lalu, saat Tribuana Tungga Dewi menjadi raja ke-3 Majapahit, barulah Gajah Mada mendpaat dukungan untuk membuat senapan itu dalam jumlah banyak.

3. Ditakuti oleh Orang Eropa
IST
Senjata ini memiliki kemampuan yang cukup mengagumkan. Bahkan senajta ini berhasil membuat bangsa Eropa menjadi agak ketakutan. Setidaknya mereka merasa insecure dengan keberadaan dari Cetbang.

4. Keberadaan Cetbang di Era Modern
IST
Sayangnya, keberadaan senjata ini tidak ada generasi yang mau mengembangkannya. Setelah kerajaan Majapahit runtuh dan berubah menjadi Kerajaan Demak, senjata ini dibiarkan begitu saja. Bahkan senjata kalah hebatnya dengan senjata dari Eropa yang sudah sangat maju.[Viva]
Komentar

Tampilkan

Terkini