-->

Warga Minta Pemkab Aceh Utara Normalisasi Sungai Matang Raya Timu

12 Oktober, 2016, 01.00 WIB Last Updated 2016-10-11T18:01:25Z

ACEH UTARA - Setiap tahun masyarakat Desa Matang Raya Timu yang berjumlah ratusan KK, menjadi korban langganan banjir. Saat hujan turun, masyarakat harus mengalami kerugian akibat banjir karena kerusakan yang terjadi di anak sungai Matang Raya Timu.

Warga Desa Matang Raya Timu, Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara meminta pemerintah daerah setempat agar membangun tanggul pembuang dan normalisasi sepanjang 1200 meter yang melintasi sepanjang desa tersebut segera mungkin dilakukan pekerjaannya, mengingat setiap tahun desa itu mengalami banjir

"Kami sangat berharap agar anak sungai yang ada di Desa Matang Raya segera mungkin untuk dilakukan normalisasi. Anak sungai itu juga sudah mengalami pendangkalan dan kita meminta untuk segera dilakukan normalisasikan oleh pemerintah dikarenakan apabila tidak dinormalisasi selalu mengakibatkan banjir," kata Kepala Desa Matang Raya Timu, Mukhtar kepada wartawan, Selasa (11/10/2016).

Seandainya saluran pembuang itu dapat digunakan, kata dia, maka 85 hektar petani sawah di Desa Matang Raya Timu bisa mendapatkan hasil panen yang lebih baik. Selain itu, saluran tersebut juga berfungsi di saat banjir air bisa cepat surut.

“Selain Desa Matang Raya Timu, Desa Matang Kelayu Kecamatan Baktia juga sangat memerlukan normalisasi tersebut. Sebab ada sekitar 140 hektar sawah yang ada di desa yang berbatasan dengan Kecamatan Seunuddon tersebut,” terang Geuchik Mukhtar.

Oleh karena itu, ia meminta Pemprov Aceh maupun pemerintah Kabupaten Aceh Utara harus mencairkan anggaran untuk normalisasi bagi masyarakat, agar tidak lagi menjadi langganan banjir dan dapat menghidupkan kemakmuran masyarakat di dua desa tersebut.

"Sesungguhnya permintaan warga untuk melakukan normalisasi sungai di Desa Matang Raya Timu dan Matang Kelayu segera mungkin dilakukan demi kemakmuran petani," harapnya.

“Kepada pemerintah, agar dapat membantu pembangunan itu, disebabkan desa kami masih dalam katagori  desa tertinggal. Degan adanya pekerjaan itu, maka program penunjang ekonomi masyarakat lainnya dapat terlaksana sebaik mungkin.[Rls]
Komentar

Tampilkan

Terkini