-->

TNI/Polri Aceh Singkil Gelar Komunikasi Sosial Pilkada Damai

28 Oktober, 2016, 03.36 WIB Last Updated 2016-10-27T20:37:08Z
ACEH SINGKIL - Komando Distrik Militer (Kodim) 0109/Singkil dan Polres Aceh Singkil menggelar acara komunikasi sosial (komsos) yang bertemakan “Pilkada Damai" dengan para peserta dan penyelenggara Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Aceh Singkil, bertempat di Makodim 0109/Singkil, Kamis (27/10/2016).

Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Dandim 0109/Singkil Letkol Kav Kapti Hertantiyawan, Kapolres Aceh Singkil AKBP Muhammad Ridwan, SIK,  Kasdim 0109/Singkil, Ketua KIP Aceh Singkil Yarwin Adi Dharma, S.Pt, Komisioner KIP Aceh Singkil Deva Susanti, Kasdim 0109/Singkil Mayor Inf Tri Joko P dan Kasat Intel Polres Aceh Singkil AKP Zulkarnaen.

Sementara untuk pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Singkil dihadiri oleh H. Safriadi, SH-Sariman, SP, Yakarim Munir-Roesman Hasmy, Dulmusrid-H. Sazali, S. Sos dan Putra Ariyanto. Sedangkan Hendri Syahputra tidak hadir dikarenakan ada agenda ke Banda Aceh.

Komandan Kodim 0109/Singkil, Letkol Kav Kapti Hentantiyawan mengatakan kegiatan ini dilaksanakan atas petunjuk pimpinan dalam hal ini Pangdam Iskandar Muda dan Kapolda Aceh.

"Intinya TNI dan Polri tetap komitmen  untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan pilkada," tegas Dandim.

Untuk itu, Dandim mengajak kepada pihak-pihak terkait untuk bersama-sama saling menjaga dan menciptakan suasana wilayah Kabupaten Aceh Singkil tetap kondusif.

Sementara itu, Kapolres Aceh Singkil, AKBP Muhammad Ridwan, SIK, menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan tahapan pilkada, bahwa kedepan para kandidat akan menyampaikan visi-misi dan setelah itu akan diadakan deklarasi damai.

"Pelaksanaan deklarasi ini pada pelaksanaannya tidak perlu datang beramai-ramai. Hal itu guna menghindari kerawanan dan efisiensi biaya pilkada, berkaitan dengan tempat deklarasi akan dibicarakan lebih lanjut," jelasnya.

Dijelaskannya lagi, dari pihak Kepolisian sejauh ini telah mulai melakukan berbagai upaya seperti mengadakan sosialisasi dengan para tim sukses yang ada di tiap-tiap kecamatan guna memberikan pencerahan tentang hukum dalam pilkada kepada masyarakat.

Selanjutnya, Ketua KIP Aceh Singkil, Yarwin Adi Dharma mengatakan mengenai lokasi kampanye masih dalam tahap pembahasan, begitu juga mengenai permasalahan keamanan akan dikoordinasikan dengan pihak keamanan.

Sedangkan berkenaan dengan spanduk, kata Yarwin, hanya ada dua, apabila kurang, para paslon dapat menambah 150 persen dari ketentuan.

"Untuk itu, kami menghimbau kepada para pendukung paslon untuk saling menjaga dan tidak merusak sepanduk pasangan calon lain," sebut Yarwin.

Sementara itu, Komisioner Panwaslih Kabupaten Aceh Singkil Deva Susanti menyebutkan jika masyarakat di Kabupaten Aceh Singkil pada intinya sangat mendambakan agar pilkada di daerah ini dapat berjalan dengan damai tanpa ada permasalahan apapun.

"Sejauh ini, kami telah melaksanakan perekrutan terhadap anggota Panwascam dan PPL dan 15 hari menjelang pilkada. Pihaknya akan kembali melakukan perekrutan anggota PPS, dimana di setiap TPS akan diawasi oleh satu  orang," paparnya.

Menurut Deva, sejauh ini pihaknya juga masih terkendala dengan persoalan dana. Sampai saat ini masih dilakukan pembahasan di tingkat DPRK.

"Insya Allah, jika dana untuk Panwaslih telah disetujui dan disahkan pada P-APBK Aceh Singkil 2016 ini, maka pihaknya akan melaksanakan sosialisasi mengenai pilkada,” ujarnya.

Amatan LintasAtjeh.com, dalam kesempatan tersebut, Calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Singkil memberikan apresiasi kepada pihak TNI dan Polri atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Bukan hanya itu, mereka juga menyatakan tetap komitmen untuk menciptakan Pilkada Damai di Kabupaten Aceh Singkil.[As/Jml]
Komentar

Tampilkan

Terkini