-->

Ratusan Pelajar Aceh Ikuti Lomba Kuis KIHAJAR 2016

04 Oktober, 2016, 22.37 WIB Last Updated 2016-10-04T15:37:41Z
BANDA ACEH - Sebanyak 150 pelajar Aceh dari berbagai jenjang meramaikan lomba kuis Kita Harus Belajar (Kihajar) tahun 2016. Kegiatan yang secara tekhnis diselenggarakan oleh UPTD Balai Tekkomdik pada Dinas Pendidikan Aceh ini berlangsung selama dua hari berturut-turut atau sejak 4 hingga 5 Oktober 2016, di Banda Aceh.

Dalam kesempatan itu, turut hadir perwakilan Pustekkom Kemdikbud, Kasi Pengembangan Aplikasi TIK pada UPTD Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Anwar M. Isa, M.Si, Kasi Sarana TIK UPTD Balai Tekkomdik pada Dinas Pendidikan Aceh, Debby Anggraini, M.Si, guru pendamping dan siswa/siswi SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA sederajat.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Hasanuddin Darjo, MM, melalui Kepala UPTD Balai Tekkomdik Aceh, Drs. H. Syarbaini Oesman, M, Si, menjelaskan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan perlu dilakukan berbagai upaya motivasi.

"Salah satunya agar Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi integral dalam proses belajar mengajar yaitu melalui ajang lomba kuis Kita Harus Belajar (Kihajar)," terang Hasanuddin Darjo, Selasa (04/10/2016).

Dikatakannya, secara umum dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya pengembangan dan penggunaan TIK, terutama pemanfaatan laman website balai.tekkom-aceh.net, portal rumah belajar, TV edukasi dan radio edukasi Aceh oleh siswa dan siswi jenjang pendidikan peserta didik.

"Sehingga mereka dapat memanfaatkan media online, televisi dan radio untuk belajar dan berlatih menyelesaikan soal-soal pembelajaran. Kegiatan ini juga sebagai wadah bagi para peserta didik untuk meningkatkan mutu kompetensi dan daya saing melalui pemanfaatan TIK secara sehat, kreatif dan produktif," ujarnya.

Ia menyebutkan, lomba kuis tersebut menghadirkan dewan juri dari Pustekkom Kemdikbud. Bagi peserta yang berhasil memenangkan lomba ditingkat provinsi akan diberikan penghargaan berupa biaya pendidikan pada setiap jenjang SD, SMP dan SMA sederajad.

"Bahkan, bagi peserta pemenang pertama setiap jenjang pendidikan tingkat provinsi akan diberikan kesempatan untuk mengikuti ajang tingkat nasional pada bulan November mendatang," sebutnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi generasi Aceh untuk dapat berinovasi, berprestasi dan berkompetensi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik dengan mengedepankan nilai sportivitas.

"Harapan kita, semoga peserta dari Aceh nantinya dapat meraih nilai terbaik di tingkat nasional. Untuk itu, diperlukan latihan dan kerja keras dalam belajar sehingga peserta didik yang mendapat kesempatan ke kancah nasional dan benar-benar siap mengikutinya," tambahnya.

Ketua panitia penyelenggara Lomba Kuis Kihajar 2016 Dinas Pendidikan Aceh, Debby Anggraini, M.Si, menyebutkan, peserta lomba terdiri dari tiga jenjang pendidikan meliputi, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA sederajad masing-masing diikuti 50 pelajar.

Menurut dia, empat orang pemenang dari setiap jenjang akan diumumkan pada hari kegiatan pertama dan waktu pengumuman akan dikonfirmasi selanjutnya. Dan kepada para pemenang akan mengikuti seleksi kembali pada hari selanjutnya.

"Hal ini bertujuan untuk menentukan 1 pemenang yang berhak mewakili dari setiap jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA sederajad untuk mengikuti lomba kuis KIHAJAR Tingkat Nasional yang diselenggarakan pada November 2016 mendatang," demikian Debby Anggraini yang juga Kasi Sarana TIK UPTD Balai Tekkomdik pada Dinas Pendidikan Aceh.[Rls]
Komentar

Tampilkan

Terkini