-->

Polres Singkil Apel Ops Mantap Praja Rencong

26 Oktober, 2016, 17.20 WIB Last Updated 2016-10-26T11:59:10Z
ACEH SINGKIL- Polres Aceh Singkil menggelar Apel pasukan operasi mantap praja rencong dalam rangka pengamanan Pilkada Aceh Tahun 2017 di Lapangan Mapolres Aceh Singkil, Rabu (26/10/2016).

Kegiatan tersebut bertemakan "Polres Aceh Singkil beserta instansi terkait siap mengamankan seluruh rangkaian pilkada 2017 di Kabupaten Aceh Singkil" itu turut dihadiri diantarannya, Kapolres Aceh Singkil, Dandim 0109/Singkil, Sekda Aceh Singkil, Para Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Aceh Singkil, Kajari dan DPRK Aceh Singkil.

Disamping kegiatan tersebut turut serta dihadiri KIP, Panwaslih, para pejabat teras dan Kapolsek Jajaran, Brimob, TNI, Dinkes, SatPol-PP, Dishub serta  para personil Polres Aceh Singkil sekitar 300 orang.

Adapun yang bertindak sebagai Inspektur upacara dipimpin langsung oleh Kapolres Aceh Singkil, AKBP Muhammad Ridwan, SIK. Sementara yang bertindak sebagai Komandan Upara dipimpin oleh AKP Dodi (Kasat Sabhara).

Kapolres Aceh Singkil, AKBP Muhammad Ridwan, SIK, dalam amanatnya mengatakan apel gelar pasukan dilaksanakan dengan tujuan persiapan personel pengamanan bersama instansi terkait sebelum pelaksanaan tugas berupa sarana dan prasarananya.

Kapolres menyebutkan demokrasi adalah hak konstitusi, untuk itu pelaksanaan Pemilukada adalah hak Politik Masyarakat. Bukan hanya itu, dalam hal demokrasi pemilihan pimpinan tanpa adanya tekanan dan intimidasi dari pihak manapun.

Menurut Kapolres, di pilkada sebelumnya ada beberapa hal kejadian sosial seperti pembakaran, pengrusakan, pelemparan granat, kampanye hitam, isu SARA, money politic dan intimidasi. Oleh sebab itu, Polri telah siap untuk mengamankan kotak suara sebagaimana dengan ketentuan yang berlaku.

Dikatakannya, pada pelaksanaan pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Aceh dan Bupati/Wakil Bupati Aceh Singkil, Polres Aceh Singkil telah menyiapkan personil pengamanan organik Polres sebanyak 222 personil, Brimob sebanyak 100 orang personil dan dari TNI sebanyak 45 personil serta dari Linmas sebanyak 474 orang.

Kapolres menambahkan guna suksesnya pengamanan Pilkada Aceh Tahun 2017 terutama di wilayah Kabupaten Aceh Singkil perlu diterapkan beberapa hal yang meliputi, tingkatkan iman dan taqwa sebagai landasan utama dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Mengutamakan keselamatan, mental, fisik dan disiplin tinggi dalam memberikan pelayanan yang optimal terhadap masyarakat dan memetakan setiap kerawanan di setiap tahapan. Selanjutnya, kata dia, juga sangat perlu dilakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelijen dan babinkamtibmas.

Bukan hanya itu, peningkatan hubungan emosional terhadap pihak penyelenggara, instansi terkait dan unsur bermasyarakat sangat perlu dilakukan. Begitu juga denga upaya peningkatan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi ancaman ganguan kamtibmas yang memanfaatkan moment pilkada.

Disamping itu, persiapan renpam kontijensi dan latihan personel  juga sangat perlu dilakukan sehingga mampu menghadapi eskalasi ancaman. Serta kuasai dan pahami kembali paraturan perundang-undangan yang mengatur tentan pilkada  dan kewenangan masing-masing instansi/lembaga.

"Yang terakhir laksanakan panwas pelaksanaan tugas oleh personel untuk meminalisasi terjadinya penyimpangan," demikian sebut AKBP Muhammad Ridwan.[AS/JML]
Komentar

Tampilkan

Terkini