-->

Peran Penting Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

10 Oktober, 2016, 12.07 WIB Last Updated 2016-10-10T05:30:35Z
ACEH TAMIANG – Pentingnya transparansi menjadi nilai mutlak yang harus diraih oleh sekolah untuk menempatkan hati masyarakat agar dapat berperan aktif membantu peningkatan mutu. Untuk mewujudkan hal tersebut, para kepala sekolah, guru dan komite sekolah (unsur masyarakat) dari 17 SD/MI di Aceh Tamiang, ikut serta dalam pelatihan praktik yang baik Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) beberapa waktu lalu di Karang Baru, dimulai tanggal 5 hingga 8 Oktober 2016.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari tersebut, mendapatkan perhatian khusus dari Kasi Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Dinas pendidikan Aceh Tamiang, Amir, S. Pd, yang berkesempatan membuka kegiatan di Arya Hotel.

Ia berharap kegiatan pelatihan tersebut mampu membawa perubahan yang lebih baik di sekolah terutama penerapan menajemen sekolah yang transparan dan akuntabel. Pemberdayaan dan peran guru dalam pembelajaran, penataan administrasi kelas, hubungan antar kelas dengan kelas lainnya, meningkatkan peran serta masyarakat di sekitar sekolah, sehingga sekolah benar-benar menjadi milik masyarakat.

“Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk meningkatnya mutu sekolah dan berkembang sekolah sesuai dengan keinginan masyarakat,” kata Amir mewakili dinas pendidikan.

Pentingnya peran serta masyarakat diungkapkan pula oleh kepala MIN Bandar Mahligei, Fatimah. Ia mengakui sangat terbantu dengan peran serta aktif komite dan masyarakat di sekitar madrasahnya, terutama dengan ikut sertanya komite dalam pelatihan secara bersama.

“Keikutsertaan komite dalam Pelatihan MBS mempermudah hubungan kami karena membentuk persepsi yang sama tentang tata kelola madrasah,” jelas Fatimah yang saat ini sedang membangun mushala di madrasahnya berkat kerjasama antara madrasah, komite dan peran aktif masyarakat sekitar madrasah.

Pelatihan yang difasilitasi oleh USAID Prioritas untuk putaran ketiga tersebut, diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat dan menggalakkan budaya baca di sekolah.

“Meskipun bantuan USAID Prioritas akan berakhir tahun depan, namun para pemangku kepentingan di sekolah tidak akan pernah berakhir untuk memberikan yang terbaik pada sekolah dan anak-anak,” pungkas Rahmi Jafar, Koordinator USAID Prioritas Aceh Tamiang.[Rls]
Komentar

Tampilkan

Terkini