-->

Kepala Dinas Pendidikan Pidie Jaya: Kepala Sekolah Itu "Manager"

10 Oktober, 2016, 11.13 WIB Last Updated 2016-10-10T04:16:55Z

PIDIE JAYA – Sebanyak 10 SD dan 6 MI di Kabupaten Pidie Jaya, Minggu (9/10/2016) telah menyelesaikan pelatihan praktek yang baik, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Aula Bappeda Pidie Jaya. Banyak ilmu baru yang diperoleh peserta yang sebagian besar adalah komite sekolah, terutama untuk meningkatkan peran serta komite dalam mendukung pembelajaran di sekolah/madrasah.

Para peserta secara bersama memahami pengelolaan budaya baca dan merasakan peningkatan mutu pembelajaran di sekolah dengan pembagian tugas dan fungsi kepala sekolah, pengawas, guru dan komite.

Saat pembukaan kemarin, Jum’at (8/10/2016), Kepala Dinas Pendidikan Pidie Jaya, Saiful, MPd, mengingatkan bahwa kunci suksesnya sebuah sekolah tergantung  kepala sekolah yang dapat menjalin hubungan baik dengan komite dan masyarakat.

“Kepala sekolah adalah manager yang dapat menjalin hubungan baik dengan semua pihak, terutama komite dan masyarakat di sekitar sekolah,” kata Saiful.

“Untuk mempererat hubungan tersebut maka pelatihan MBS menjadi wadah saling berbagi peran dan ilmu. Untuk menindaklanjuti pelatihan ini maka kami akan mengevaluasi langsung ke sekolah untuk melihat sejauh mana penerapannya,” jelas Saiful lagi.

Kegiatan yang difasilitasi oleh USAID Prioritas tersebut, salah satunya memberi pemahaman menyeluruh tentang kepemimpinan pembelajaran dan program budaya baca di sekolah.

Koordinator USAID Prioritas Kabupaten Pidie Jaya, Mashadi mengingatkan bahwa komite mempunyai andil besar bagi sekolah.

“Sekolah dan madrasah adalah milik bersama, bukan hanya menjadi tanggung jawab dan beban pemerintah serta pendidik saja,” katanya di sela-sela akhir kegiatan.[Rls]
Komentar

Tampilkan

Terkini