-->

Jalan Lhoksukon-Cot Girek Rusak Parah, Kerap Menelan Korban

10 Oktober, 2016, 23.19 WIB Last Updated 2016-10-10T16:20:08Z
ACEH UTARA - Jalan lintas Kecamatan Lhoksukon-Cot Girek sepanjang 12 kilometer rusak parah penuh lobang. Pemerintah Aceh Utara dinilai kurang memperhatikan kondisi jalan rusak tersebut.

Ketua LSM Gerakan Rakyat Aceh Membangun (GRAM), Muhammad Azhar menilai kepedulian pemerintah Aceh Utara terkait jalan tersebut dinilai tidak ada. Pihaknya sangat menyayangkan jalan lintas kecamatan sepanjang 12 kilometer yang rusak tersebut justru dibiarkan bertahun-tahun tanpa ada perbaikan.

“Berdasarkan amatannya, jalan tersebut hampir setiap hari menelan korban jiwa. Bahkan sehari bisa empat kali insiden laka lantas dan baru-baru ini telah menelan korban hingga meninggal dunia yaitu seorang Keuchik (Kepala Desa),” ungkap Azhar kepada LintasAtjeh.com, Senin (10/10/2016).

Harusnya, kata Azhar, pemerintah lebih memprioritaskan pembangunan jalan. Sebab, jalan adalah sarana paling penting bagi keberlangsungan ekonomi masyarakat. Menurutnya, jika jalur transportasi lumpuh, maka akan lumpuh pula perekonomian masyarakat.

"Saya mendesak pemerintah segera membangun jalan tersebut agar ekonomi masyarakat lancar," desak Azhar.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRK Aceh Utara dari Partai Aceh, Samsuddin JS, mengatakan bahwa jalan tersebut adalah tanggungjawab Pemerintah Aceh dan anggarannya bersumber dari APBA. Namun, pihaknya sudah menyampaikan terkait kerusakan jalan tersebut kepada DPRA di Banda Aceh, agar memprioritaskan pembangunan jalan sepanjang 12 kilometer itu dibangun pada anggaran 2017 mendatang.

"Kami sudah menyampaikan keluhan masyarakat tersebut ke DPRA belum lama ini. Mereka meresponnya dengan baik, dan masyarakat diminta untuk bersabar," katanya.

Sedangkan menurut keterangan Kepala Dinas Bina Marga Aceh Utara, Edi Anwar, mengatakan pihaknya sudah mengusulkan anggaran untuk rehab jalan kepada provinsi.

“Anggaran yang diusulkan tersebut sebesar Rp 12 miliar dan akan cair pada tahun 2017 mendatang,” urainya.[Rjl]
Komentar

Tampilkan

Terkini