-->

DPKP Aceh Utara Bangun TPS 3R di Tanjong Ceungai

04 Oktober, 2016, 00.19 WIB Last Updated 2016-10-03T17:19:44Z
ACEH UTARA - Kepala Dinas Pasar Kebersiahan dan Pertanaman (DPKP) Aceh Utara meletakkan batu pertama pembangunan tempat pengolahan sampah (TPS) 3R berbasis masyarakat di Gampong Tanjong Ceungai, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, Senin (3/10/2016).

Peletakan batu pertama pembangunan tempat pengolahan sampah Raduce, Reuse dan Recyle (TPS 3R) berbasis masyarakat tahun 2016 dipimpin oleh Tim Fasilator Lapangan, Firdaus S.PdI.

Dalam sambutannya, Keuchik Gampong Tanjong Ceungai, Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara, Tgk.Darwis mengatakan program TPS 3R adalah program untuk masyarakat yang bertujuan untuk mengurangi sampah dari sumbernya kemudian dijadikan sebagai sumber ekonomi masyarakat.

Ia mengatakan, TPS ini merupakan bantuan dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat direktorat jendral Cipata karya penjabat pembuat komitmen pembina teknis pembangunan sistem PLP satuan kerja pembangunan yang terealisasi di kabupaten Aceh Utara.

Pihaknya sangat bangga desanya terpilih sebagai penerima bantuan tersebut untuk pengolohan sampah sebagai peningkatan ekonomi masyarakat.

Keuchik juga mengajak mesyarakat untuk mendukung program ini karena masyarakat di Tanjong Cengai masih di bawah garis kemiskinan.

Camat Tanah Jambo Aye Dayan Albar, S.Sos mengucapkan ribuan terimakasih kepada bapak bupati Aceh Utara kerena telah melakukan proses seleksi Gampong dalam daftar panjang (Longlist) kemudian penentuan lokasi final untuk membangun tempat pengolahan sampah di desa Tanjong Ceungai.

Kepala Dinas Pasar Kebersiahan dan Pertanaman (DPKP) Aceh Utara Fahrurrazi mengharapkan kepada masyarakat Gampong Tangjong Ceungai untuk menjaga dan merawat karena ini merupakan lapangan kerja begi masyarakat setempat.

Diharapkan program TPS 3R yang menyerap Angaran 550 juta dengan luas bangunan 10x20 ini bisa menciptakan berbagai jenis pupuk kompos, Organik dan kita akan menampung beberapa jenis sampah seperti-sisa makanan, sisa sayuran dan daun-daunan. [Zul]
Komentar

Tampilkan

Terkini