-->

Bupati Bener Meriah Buka Pelatihan Buku B3 Bagi Guru

08 Oktober, 2016, 05.26 WIB Last Updated 2016-10-07T22:27:04Z
BENER MERIAH - Puluhan Guru Kelas awal SD dan MI di Bener Meriah mengikuti pelatihan Buku Bacaan Berjenjang atau B3 yang diasistensi oleh USAID Prioritas Aceh, Kamis (06/10/2016). Sejumlah Guru tersebut tergabung dalam Sekolah Gugus 5 UPTD Bandar, pelatihan selama tiga hari itu dilaksanakan di SDN Buntul Kemumu Bener Meriah.

Bupati Bener Meriah Drs. Rusli M. Saleh dalam sambutannya menyampaikan sebagaimana informasi bahwa program USAID Prioritas akan berakhir pada tahun 2017. Bupati juga mengatakan, yang paling penting pada hari ini kegiatan yang dilaksanakan oleh USAID Prioritas terkait Bimtek Buku Bacaan Berjenjang.

Kepada peserta pelatihan Bupati Rusli mengatakan guru harus mampu menulis gambaran, kemudian menyusun gambaran menjadi satu kata dan selanjutnya menjadi satu kalimat dan kata itu adalah susunan dari kalimat. Disini anak-anak harus mampu memahami dan merangkum.

Sebagai mantan Kepala Dinas Pendidikan, kepada peserta beliau juga merincikan cara memotivasi anak didik saat belajar mengajar. Jangan takut memberikan hadiah kepada anak yang berprestasi dan memberikan hukuman juga kepada yang patut diberikan dan jangan ada dendam kepada anak-anak.

“Saya berharap secara pelan-pelan dapat terjadi perubahan yang lebih baik dengan lahirnya inovasi-inovasi baru dari improvisasi guru-guru yang kreatif,” tutup Bupati Bener Meriah.

Sementara, District Coordinator Bener Meriah dan Aceh Tengah, Mutma Innah dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa Program USAID Prioritas untuk Kabupaten Bener Meriah sudah memasuki tahun ke lima dan program ini akan berakhir pada tahun 2017. USAID Prioritas selama berada di Kabupaten Bener Meriah sudah melaksanakan TOT untuk para fasda mulai dari modul 1 sampai modul 3.

“Demikian juga untuk pelatihan di tingkat sekolah USAID Prioritas sudah melakukan pelatihan kepada SD/MI untuk 15 sekolah mitra dan untuk SMP/MTs USAID PRIORITAS juga sudah melakukan pelatihan kepada 8 sekolah mitra baik PBM maupun MBS,” sebutnya.

Untuk program desiminasi Dinas Pendidikan tahun 2015, kata dia, sudah dilaksanakan dengan anggaran APBK dan desiminasi juga sudah dilaksanakan untuk tahun 2016 yang dianggarkan dari APBK juga.

“Untuk program buku berjenjang ini sudah dilaksanakan pelatihan di beberapa gugus di Kabupaten Bener Meriah dengan dana sering sekolah juga yang tergabung dalam setiap gugus,” tutup Mutma Innah.

Pada pembukaan pelatihan B3 itu turut hadir Kabid Dikdas dan unsur Dinas Pendidikan Bener Meriah serta tim USAID Prioritas Aceh.[Rls]
Komentar

Tampilkan

Terkini