-->

Bupati Aceh Besar Buka MTQ ke-33 di Peukan Bada

16 Oktober, 2016, 15.03 WIB Last Updated 2016-10-16T08:03:37Z
ACEH BESAR - Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah, S. Sos, membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-33 tingkat Kabupaten Aceh Besar, di lapangan upacara Kecamatan Peukan Bada, Sabtu (15/10/2016) malam. Sebanyak 730 qari dan qariah dari 23 kecamatan akan mengikuti kegiatan dua tahunan tersebut hingga Jumat (21/10/2016).

Dalam sambutannya, Mukhlis Basyah mengajak semua kaum muslimin untuk senantiasa mengimplementasikan nilai-nilai Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

"Syiar Islam ini harus terus bergema dalam kehidupan kita," katanya. Hadir dalam kesempatan itu, Wabup Aceh Besar Drs. H. Syamsulrizal, MKes, Forkopimda, pejabat jajaran Pemkab Aceh Besar, Muspika Peukan Bada, dan tokoh-tokoh masyarakat. Menandai dimulainya MTQ ke-33 itu, Bupati Aceh Besar mempersilakan Wabup Aceh Besar Drs. Syamsulrizal, Mkes, didampingi Forkopimda untuk memukul bedug (tambo).

Dikatakannya, pelaksanaan MTQ merupakan wahana untuk mempersiapkan qari dan qariah terbaik sehingga dapat mewakili Aceh Besar dalam kegiatan serupa. baik MTQ tingkat provinsi maupun even even lainnya. Untuk itu, diharapkan MTQ ke-33 ini bisa menghasilkan qari dan qariah terbaik. Pada malam pembukaan, meskipun dalam keadaan hujan, ribuan warga setempat tampak antusias menyaksikan penyelenggaraan kegiatan keagamaan itu.

Melalui pelaksanaan MTQ Kabupaten Aceh Besar itu, tambahnya, diharapkan akan semakin meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai al-Quran dalam kehidupan sehari-hari, sehingga umat Islam selalu dalam lindungan dan petunjuk Allah SWT.

“Pelaksanaan MTQ ke-33 ini diharapkan akan melahirkan hasil terbaik dan lebih meningkat dari tahun sebelumnya guna memperkuat Kabupaten Aceh Besar pada penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Aceh ke-33 tahun 2017 mendatang di Kabupaten Aceh Timur,” ungkapnya.

Ketua penyelenggara, Dr. Samsul Bahri, Msi, melaporkan MTQ Ke-33 tingkat Kabupaten Aceh Besar itu diikuti 730 qari dan qariah utusan 23 kecamatan se-Aceh Besar. Animo masyarakat setempat untuk menyukseskan kegiatan spiritual itu sangat luar biasa besar.

Sementara itu, Kadis Syariat Islam Aceh Besar T. Hasbi, SH, didampingi Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar Muhammad Basir, SSTP, MSi dan salah seorang panitia lainnya, Zahri, SE, Msi, menjelaskan kegiatan tersebut direncanakan berlangsung hingga 21 Oktober 2016.

“Kami mengajak seluruh kaum muslimin untuk menghadiri dan menyukseskan kegiatan keagamaan tersebut,” katanya.

Dijelaskan, pada malam pembukaan kegiatan dua tahunan tersebut, kafilah dari 23 kecamatan juga melakukan defile di depan Bupati dan Forkopimda yang  hadir. Kata dia, MTQ ke-33 tingkat Kabupaten Aceh Besar itu juga akan memperlombakan sejumlah cabang, di antaranya Tilawah, Tartil Quran, Fahmil Quran, Khattil Quran, Syarhil Quran.

“Insya Allah, para qari dan qariah dari 23 kecamatan di Aceh Besar akan tampil maksimal dalam kegiatan tersebut,” harapnya.[DW]
Komentar

Tampilkan

Terkini