-->

Bener Meriah Kembangkan Kawasan Ekosistem Esensial

19 Oktober, 2016, 10.07 WIB Last Updated 2016-10-19T13:42:00Z
REDELONG – Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, mengembangkan kawasan ekosistem esensial (KEE) untuk melindungi keanekaragaman hayati, khususnya gajah.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bener Meriah Rusli M Saleh di Redelong, ibu kota Kabupaten Bener Meriah, Selasa, mengatakan, luas kawasan ekosistem esensial yang dikembangkan ini mencapai 1.000 hektare.

"Kawasan ekosistem esensial ini berada di Kecamatan Pintu Rime Gayo. Kawasan ini merupakan koridor gajah, beruang, kijang, dan satwa dilindungi lainnya," kata Rusli M Saleh.

Plt Bupati Bener Meriah mengatakan, pengembangan kawasan ekosistem esensial ini merupakan solusi mengatasi konflik satwa dilindungi, khususnya gajah dengan manusia.

"Konflik gajah dengan manusia ini sering terjadi. Dengan adanya kawasan ekosistem esensial ini diharapkan bisa mengatasi konflik yang sudah terjadi sejak puluhan tahun silam," kata Rusli M Saleh.

Rusli M Saleh mengharapkan pengembangan kawasan ekosistem esensial ini akan menjadi proyek percontohan bagi kabupaten/kota lainnya dalam menyelesaikan konflik satwa dilindungi dengan manusia.

Direktur Bina Pengelolaan Ekosisten Esensial pada Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Antung Deddy Radiansyah menyambut baik pengembangan 1.000 hektare lahan untuk kawasan ekosistem esensial di Kabupaten Bener Meriah.

"Bener Meriah merupakan satu-satunya kabupaten di Indonesia yang mengajukan kawasan ekosistem esensial. Kawasan ini nantinya akan menjadi contoh penyelesaian konflik satwa dilindungi," kata Antung.

Antung Deddy Radiansyah menjelaskan kawasan ekosistem esensial adalah ekosistem di luar kawasan konservasi.yang secara ekologi mengandung keanekaragaman hayati yang mencakup ekosistem alami dan buatan yang berada di dalam dan luar kawasan hutan.

Untuk kawasan ekosistem esensial yang dikembangkan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, sebut dia, diharapkan akan menjadi solusi konflik gajah dan manusia yang terjadi sejak puluhan tahun silam.

"Kami berharap kawasan ekosistem esensial ini tidak hanya dikembangkan Bener Meriah, tetapi juga dilakukan kabupaten tetangga lainnya. Sebab, jelajah gajah tidak hanya Bener Meriah, tetapi juga meliputi kabupaten tetangga," kata Antung.

Selain itu, Antung juga mengingatkan bahwa masyarakat yang ada di kawasan ekosistem esensial tersebut agar diarahkan kepada tanaman yang bukan menjadi makanan gajah, seperti kemiri dan lainnya.

"Kalau tanaman yang ditanam merupakan makanan gajah, tentu konfli dengan satwa yang dilindugi ini tetap terjadi. Jadi, perlu dipikirkan tanaman atau komoditi apa yang ditanam, namaun tidak diganggu gajah," kata Antung Deddy Radiansyah.

Direktur Bina Pengelolaan Ekosisten Esensial pada Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Antung Deddy Radiansyah hadir ke Redelong, ibu kota Bener Meriah, dalam rangka menyosialisasikan kawasan ekosistem esensial.

Sosialisasi turut dihadiri Asisten Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bener Meriah Drs Mukhlis, Kepala BKSDA Aceh Genman S Hasibuan, serta para kepala desa dan pemangku kepentingan di kabupaten itu.

Sosialisasi kawasan ekosistem esensian didukung oleh Yayasan Hutan Alam,dan Lingkungan Aceh (HAkA) bekerja sama The Asia Foundation (TAF) dan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah. Demikian siaran pers yang diterima Redaksi LintasAtjeh.com, Rabu (19/10/2016). [Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini