-->

Kembali Kepangkuan NKRI, Mantan OPM Dapat Bantuan Rumah dan Pekerjaan

17 Agustus, 2016, 17.43 WIB Last Updated 2016-08-17T10:43:43Z
MULIA – Mantan anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang telah menyatakan masuk kembali ke dalam pangkuan ibu pertiwi bernafas lega. Pasalnya, Bupati Puncak Jaya, Henock Ibo berjanji akan memberikan rumah dan pekerjaan bagi mereka.

Saat meninjau perlombaan dalam rangka memperingati HUT ke-71 Republik Indonesia, di Distrik Tingginambut, Kabupaten Puncak, Bupati Henock Ibo, mengatakan, meski belum seluruhnya, saat ini pihaknya sudah merealisasikan janjinya tersebut.

“Sampai saat ini ada 600-an (mantan OPM) yang sudah bergabung dengan masyarakat setempat, yang kemudian kami berikan pekerjaan baik menjadi Satpol PP mau pun ikut dalam pembangunan jalan," jelas Henock, Selasa (16/8/2016).

Selain pekerjaan, kata Bupati, mereka juga diberikan tempat tinggal dan dipusatkan di wilayah Gurage. "Nantinya daerah Gurage akan menjadi pusat pembangunan rumah bagi mantan OPM. Saat ini kita sudah ada pembangunan 25 unit rumah, nanti akan ditambah," katanya.

Sementara, salah satu mantan OPM, Supir Murib menyebutkan sejak 2012 dia telah memutuskan untuk membantu pemerintah dalam pembangunan dan turun gunung. Hal itu dilakukannya, dengan berubahnya wajah Distrik Tingginambut.

"Orang tua (Goliath) masih di atas dan dia sudah tua, tidak bisa berbuat apa-apa. Tetapi kami minta Goliath tak mengganggu pembangunan," kata Supir.

Mantan OPM lainnya, Yalingga Enumbi meminta Presiden Joko Widodo berkunjung ke Tingginambut. “Kami akan menjamin keamanan Pak Presiden bila datang disini," ujarnya.

Pada sesi lomba dalam meramaikan perayaan HUT ke-71 di wilayah tersebut, nampak belasan mantan anggota OPM pimpinan Goliath Tabuni juga turut berpartisipasi.

Sementara, Dandim 1714/PJ, Letkol Inf. Hendratno Devidanto menuturkan masih ada beredar pucuk senjata pada kelompok OPM di Puncak Jaya. "Untuk kelompok Goliath, masih ada empat sampai lima orang di kelilingnya yang memegang senjata," katanya.[Okezone]
Komentar

Tampilkan

Terkini