-->

Ospek Tahun Ini, Siswa Baru Tingkat SMA Dilatih Cara Bersantun

17 Juli, 2016, 10.54 WIB Last Updated 2016-07-17T03:54:29Z
ACEH UTARA - Sejumlah sekolah di Kabupaten Aceh Utara tidak lagi memberlakukan Orientasi Sekolah (Ospek) dengan acara plonco, Sabtu (16/7/2016). Para siswa hanya dibekali ilmu agama dan tata cara bersantun dengan guru.

"Kami tidak memberlakukan plonco. Untuk siswa baru kami melatih mereka dengan ilmu agama seperti ceramah agama Hablum Minannas dan Hablum Minallah serta perkenalkan diri dengan guru. Kami cuma mengajarkan tata cara disiplin dan bersantun," kata Wakil Kepala SMK Negeri 1 Seunuddon, Muhammad Johan, S.Pd, M.Pd.

Untuk SMK Negeri 1 Seunuddon, kata Johan, jumlah siswa baru yang mengikuti Ospek dengan pembekalan ilmu agama itu mencapai 80 orang siswa. "Ospek berlangsung Senin tanggal 11 hingga hari ini Sabtu tanggal 16," katanya.

Johan mengatakan, selama ospek berlangsung, siswa/siswi SMK itu hanya dilatih untuk bersikap santun dengan guru di SMK. Kemudian pada penutupan ospek dilaksanakan di pantai Ulee Rubek, kecamatan setempat.

"Tidak ada plonco, pada acara penutupan ospek kami adakan upacara bendera merah putih, kemudian kami serahkan seragam sekolah. Kami selaku pihak sekolah berharap siswa baru ini menjadi siswa yang disiplin dan berkompetisi," ujarnya lagi.

Hal yang sama juga disampaikan, Mukhtar Sabon, pesuruh SMA Negeri 1 Langkahan. "Disini kami juga tidak ada buat plonco. Acaranya mendidik siswa supaya bersantun," kata Mukhtar.[Jml]

Komentar

Tampilkan

Terkini