-->

PKPI Aceh Rilis Elektabilitas Pasangan Cagub Aceh

06 Juni, 2016, 01.28 WIB Last Updated 2016-06-05T18:30:10Z
BANDA ACEH - Sejak dideklarasikannya dua pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Aceh 2017-2022, yakni pasangan Zakaria Saman-T. Alidinsyah dan Muzakkir Manaf-TA. Khalid, Dewan Pengurus Provinsi PKPI Aceh langsung melakukan survey elektabilitas kedua pasangan Cagub Aceh dengan jumlah peserta survey 100 orang per kabupaten/kota.

Hasilnya, popularitas pasangan Muzakir Manaf-TA. Khalid mengungguli pasangan Zakaria Saman-T. Alaidinsyah dengan persentase elektabilitas yakni 79 % berbanding 21 %.

Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Pengurus Provinsi PKPI Aceh, Indra Azmi, SE didampingi Wakil Ketua I, Ir. Andry Agung dan Sekretaris, Hendri Yono kepada LintasAtjeh.com, Minggu (5/6/2016).

Azmi mengatakan, data tersebut berdasarkan hasil survey internal DPP PKPI Provinsi Aceh. Survei dilakukan setelah Cagub Aceh yakni Zakaria Saman dan Muzakkir Manaf mengumumkan calon pasangannya kepada publik.

“Sampel kita ambil dari 100 orang untuk setiap kab/kota di Aceh. Dalam survei tersebut, pihaknya mengajukan empat pertanyaan kepada masyarakat, seperti popularitas, kompetensi (kemampuan), integritas dan finansial masing-masing kandidat. Itu rilis hasil survey bulan Juni 2016,” ungkap Ketua PKPI Aceh ini.

Pihaknya hanya melakukan survey terhadap 2 pasangan calon, dikarenakan mereka sudah mendeklarasikan pasangannya masing-masing. Nanti kita akan lakukan survey lagi apabila ada pasangan calon yang muncul lagi.

“Pasangan calon yang ada sudah jelas mesin partainya atau jalur pencalonannya. Untuk pasangan Muzakkir Manaf-TA. Khalid mesin partai dan tim relawannya sudah bekerja, demikian juga Zakaria Saman yang maju melalui jalur Independen,” katanya.

Azmi menambahkan, PKPI Aceh akan terus melihat perkembangan para kandidat dalam meraih hati dan simpati masyarakat Aceh. Perubahan elektabilitas juga dipengaruhi gerilya masing-masing kandidat untuk lebih dekat dengan basis-basis massa mereka di seluruh wilayah Aceh.

"Kita lihat akan ada lima calon pasangan yang akan maju pada Pilkada Aceh 2017, PKPI akan terus pantau ini hingga nanti akan kita arahkan dukungan kita," tutup Indra Azmi.[Ar]
Komentar

Tampilkan

Terkini