-->

SMKN Al Mubarkeya Gelar Pameran Wirausaha Muda Kreatif

20 Mei, 2016, 10.26 WIB Last Updated 2016-05-20T03:26:19Z
JANTHO - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Al Mubarkeya, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar mengelar pameran wirausaha muda kreatif yang dibuka Bupati Aceh Besar diwakili staf ahli bupati bidang kemasyarakatan dan SDM Rasidi SSos, Kamis (19/5).

Kegiatan yang bertajuk Y Cerpen (Young Creative Enterpreneurship) akan berlangsung mulai 19 hingga 21 Mei 2016 dikomplek SMKN Al Mubarkeya.  Pada pembukaan, kemarin, turut dihadiri Kabid Dikmen Disdik Aceh Besar Drs Zakiun, Pengurus MPD Drs Zulkifli Ismail MM, Muspika Ingin Jaya, para Kepala Sekolah di Aceh Besar serta ratusan pelajar dari SMK yang mengikuti pamaran tertsebut.

Staf Ahli Bupati Aceh Besar Rasidi SSos mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa SMKN Al Mubarkeya, dan ia berharap agar para generasi muda Aceh serta Aceh Besar mampu bersaing ditingkat global, salah satunya dengan kegiatan seperti ini yang bertujuan mengasah kemampuan para siswa lewat produk dan usaha kreatif yang mempunyai daya saing.

“Menghadapi MEA atau perdagangan bebas Asean dunia pendidikan harus membekali siswanya dengan keahlian yang berguna. Termasuk kemampuan berbahasa dan teknologi menjadi penting dikuasai di era globalisasi ini," ujarnya.

Kepala SMKN 1 Al Mubarkeya Baihaqi SPd MPd menegaskan ajang pameran pertama ini bertujuan mempersiapkan dan membekali generasi muda Aceh dalam persaingan yang semakin ketat kedepan dan menjadi wahana berbagi pengetahuan dan informasi dikalangan pelajar. 

“Untuk tahun-tahun kedepan kami menargetkan 1000 siswa yang akan bergabung dengan pameran Al Mubarkeya, ” tandas Baihaqi.

Stand pameran keterampilan dan rekayasa perangkat lunak maupun robotik menghiasi acara YCerpen yang menampilkan hasil karya para siswa dari SMKN Al Mubarkeya, SMKN Mesjid Raya, SMKN PP Saree dan Politeknik Aceh membuat kagum para pengunjung. "Acara ini juga menjadi daya tarik bagi perusahaan dan industri untuk melirik hasil karya anak-anak SMK," pungkas Baihaqi.

MPD Gelar MBS

Sementara itu, Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Besar mengelar Workshop Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang dibuka Camat Darul Imarah Hasanuddin SAg, di Aula kantor camat, Kamis (19/5). 

Kepala Sekretariat MPD Aceh Besar T Zahlul SE, mengatakan, kegiatan yang berlangsung sehari dan bekerjasama dengan forum kerjasama komite sekolah (FKKS) diikuti 60 orang peserta terdiri dari Kepala Sekolah dan Ketua Komite Sekolah se-Kecamatan Darul Imarah. "Pada workshop MBS melibatkan pematari dari akademi dan unsur MPD Aceh Besar yakni Silahuddin MA, Dra Rusnaini dan Ir Haziman R MM," ungkap Zahlul.[Dw]
Komentar

Tampilkan

Terkini