-->

Rahmat Asri Sufa : Begini Kiat Mengikuti Test Masuk Perguruan Tinggi

17 Mei, 2016, 22.30 WIB Last Updated 2016-05-17T16:05:28Z

BIREUEN - Menjelang pengumuman UN dan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang hampir 2 minggu, menyisakan kecewa mendalam bagi siswa SMA/Sederajat, nyatanya banyak diantara mereka yang tidak diterima melalui jalur undangan atau lebih dikenal dengan SNMPTN di Universitas tujuan mereka, walaupun UN yang menegangkan telah dilalui dan dinyatakan lulus, tapi tidak dengan SNMPTN.

Bagi siswa yang ingin melanjutkan kuliah di universitas negeri, mungkin ini menjadi pukulan telak bagi mereka yang tidak lulus. Namun jangan risau dengan hal itu, masih banyak jalan lain yang bisa ditempuh, masih ada jalur tulis (SBMPTN & Mandiri) atau jalur khusus masuk PTAIN seperti SPAN PTKIN, UM PTKIN, atau bahkan kampus swasta pun membuka peluang besar bagi siswa yang ingin mendaftar.

"Jangan hanya melihat satu sisi pendidikan, ilmu itu bisa dituntut dimanapun asalkan sungguh-sungguh," ujar Rahmat Asri Sufa yang juga pernah sebagai Konsultan Pendidikan kepada LintasAtjeh.com, Selasa (17/5/2016), melalui pesan whatsapp messenger.

Lanjutnya, banyak siswa dan siswi yang sharing sama saya, tentang kiat-kiat supaya lulus di PTN yang diminati dan lainnya. Saya katakan bahwa apa yang sudah mereka dapatkan itu yang terbaik.

"Bagi yang sudah lulus tetapi bukan jurusan yang diminati, ya dijalani dan nikmati saja. Bagi yang belum lulus jangan pernah lelah untuk mencoba karena Allah tahu apa yang terbaik buat hamba-Nya. Misal jalur undangan prestasi khusus yang dibuka oleh Universitas Negeri Malang (UM), sampai sekarang masih dibuka. Silakan dicoba ya semoga berhasil," ujarnya.

"Penutupan pendaftaran SBMPTN dan UM PTKIN tinggal menghitung hari, bagi yang belum mendaftar silakan mendaftar, jangan sampai hari terakhir mendaftar dikhawatirkan jaringan error nantinya, seperti pengalaman tahun-tahun yang lalu," pungkasnya mengingatkan.[Ar]
Komentar

Tampilkan

Terkini