-->

Menjelang dan Selama Ramadhan 1437 H, Ormas Dilarang Sweeping

19 Mei, 2016, 13.45 WIB Last Updated 2016-05-19T06:45:49Z
ACEH TIMUR - Sweeping dan pengamanan menjelang dan selama bulan Ramadhan 1437 H adalah tugas kepolisian. Organisasi masyarakat (Ormas) dihimbau untuk tidak melakukan aksi sweeping jelang bulan Ramadhan 1437 H yang hanya tinggal beberapa hari lagi.

Hal itu tersebut disampaikan oleh Kapolres Aceh Timur AKBP Hendri Budiman, SH, SIK, MH, kepada LintasAtjeh, Kamis (19/05).

Menurut Kapolres, menjelang dan selama bulan Ramadhan 1437 besok, tidak menutup kemungkinan bahwa pihak kepolisian akan menggandeng unsur Ormas untuk melakukan pengawasan dan pengamanan bersama di wilayah hukum Aceh Timur.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Kapolres menghimbau kepada setiap Ormas yang ada di wilayah hukum Aceh Timur khususnya, agar tidak melakukan sweeping tanpa terlebih dahulu melapor kepada pihak kepolisian, sebab dikhawatirkan jika Ormas yang melakukan aksi sweeping tanpa pemberitahuan maka akan dapat menimbulkan konflik dengan masyarakat.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, dengan menyerahkan tugas sweeping kepada polisi, maka pelaksanaannya akan dapat lebih tertib. Jangan sampai ada aksi pengrusakan yang dilakukan sekelompok oknum masyarakat, karena sanksinya adalah pidana.

"Jika ada ormas yang melakukan sweeping tanpa terlebih dahulu memberitahukan kepada kepolisian berarti ormas tersebut tidak peraya terhadap polisi. Dan perlu kami sampaikan bahwa polisi tetap bekerja pada bulan Ramadhan. Mari kita sama-sama menjaga kesucian Rramadhan, dan jangan main hakim sendiri agar tidak menimbulkan konflik di tengah masyarakat," tegas Kapolres.

Tambahnya, apabila ditemukan ada ormas yang melakukan aksi sweeping, maka akan ditindak tegas. Namun sebelum semua terjadi, akan dilakukan pendekatan dengan merangkul semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas agar wilayah hukum Polres Aceh Timur tetap selalu kondusif.

"Semuanya bisa dikomunikasikan secara baik-baik. Tidak perlu ada sweeping apalagi mengarah pada kekerasan," pungkas Kapolres Aceh Timur AKBP Hendri Budiman, SH, SIK, MH.[zf]
Komentar

Tampilkan

Terkini