-->

Jelang 'Meugang', Aceh Besar Siapkan 4.037 Ekor Ternak

23 Mei, 2016, 19.08 WIB Last Updated 2016-05-23T12:08:50Z
JANTHO - Kabupaten Aceh Besar menyiapkan sebanyak 4037 ekor ternak (sapi, kerbau, kambing/domba) untuk kebutuhan daging konsumsi masyarakat pada hari "meugang" (hari penyembelihan hewan) menjelang Puasa Ramadhan.

"Persediaan hewan ternak menjelang Puasa Ramadhan 2016 itu bukan hanya untuk kebutuhan di Aceh Besar, tapi juga dipasok bagi kebutuhan masyarakat di Kota Banda," kata Kepala Dinas Peternakan Aceh Besar Ahmad Tarmizi SP MM kepada Media di Kota Jantho, Senin, 23 Mai 2016.

Dijelaskan, terjadi kenaikan persediaan hewan ternak pada "meugang" tahun ini dibandingkan menjelang puasa Ramadhan tahun 2015 yang mencapai sebanyak 3.711 ekor.

Dirincikan, hewan ternak yang akan disembelih oleh pedagang untuk kebutuhan daging pada hari "meugang" menjelang Puasa Ramadhan itu masing-masing sapi sebanyak 2.500 ekor, kerbau 485 ekor, dan kambing/domba 1.052 ekor ditambah unggas 30.516 ekor.

Aceh Besar merupakan salah satu daerah penyangga penyediaan daging bagi kebutuhan masyarakat di Kota Banda Aceh. Hewan ternak tersebut merupakan peliharaan masyarakat Aceh Besar yang berada di Kecamatan Indrapuri, Ingin Jaya, Sukamakmur, Kuta Baro dan Blang Bintang.

Di pihak lain, Ahmad Tarmizi juga menjelaskan pihaknya berupaya mengembangkan Aceh Besar sebagai kawasan peternakan terpadu dan modern untuk mewujudkan daerah sentra produksi pangan di provinsi Aceh ini.

"Kami optimistis Aceh Besar sebagai sentra pangan bidang peternakan bisa terwujud dimasa mendatang, dengan dukungan masyarakat khususnya peternak di daerah ini dan apa lagi Kabupaten Aceh Besar sudah dua kali juara umum lomba ekspo sapi terbaik di Provinsi," demikian Ahmad Tarmizi. [Dw]
Komentar

Tampilkan

Terkini