-->

Daya Tampung Siswa MIN Lhoknga Tidak Mencukupi RKB

13 Mei, 2016, 22.52 WIB Last Updated 2016-05-13T15:52:12Z
ACEH BESAR - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar beberapa tahun belakangan ini,memang sangat membutuhkan adanya pembangunan sejumlah ruang kelas belajar (RKB) baru bagi para siswa, sebab saat ini yang menjadi permasalahan serius di Min Lhoknga adalah kekurangan RKB.

MIN Lhoknga yang berada di Desa Lamkruet, Kecamatan Lhoknga kondisinya saat ini sudah tidak bisa menampung para siswa. Pasalnya, ketersediaan ruang kelas untuk proses belajar mengajar sudah sangat tidak seimbang dengan banyaknya peserta didik.

Marwan S.Ag, Kepala MIN Lhoknga kepada wartawan, baru-baru ini diruang kerjanya menuturkan, sekolah MIN Lhoknga membutuhkan adanya penambahan ruang kelas baru. Jumlah siswa di sekolah saat ini ada lebih kurang 460 siswa. Sementara ruang kelas hanya ada 11 ruang.

"Jika tak secepatnya RKB di MIN Lhoknga tak dibangun,maka kita khawatir siswa baru ditahun ini dan mendatang harus tetap kita batasi jumlahnya paling tidak hanya satu RKB saja, sebab tak akan tertampung disaat penerimaan siswa di tahun ajaran baru nanti," kata Marwan,S.Ag 

Sementara Tgk Fuadi, Ketua Komite Sekolah MIN Lhoknga berharap agar Pemerintah Aceh segera melakukan peningkatan sarana ruang kelas baru, sudah seharusnya MIN Lhoknga dilakukan penambahan ruang kelas apalagi antausias wali murid yang anaknya didaftar ke MIN Lhoknga," katanya. 

Lanjut Tgk Fuadi, ada beberapa ruang kelas sudah tidak bisa menampung murid dalam satu ruang. Siswa jadi kurang tenang belajar, karena kondisinya berdesakan di dalam ruang kelas," tutur pria yang juga anak ulama besar  Lhoknga ini.

Tgk Fuadi selaku ketua komite sangat berperan dalam menyelesaikan permasalahan kekurangan ruang kelas yang terjadi di MIN Lhoknga. Dia menginisiasi beberapa pertemuan wali murid untuk meyakinkan seluruh wali murid untuk berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah tersebut. Melalui pertemuan tersebut, Tgk Fuadi berhasil meyakinkan seluruh wali murid untuk berpartisipasi dalam membantu saran dan prasana dari wali murid dalam penambahan bangunan ruang belajar.


Jumlah siswa kurang lebih 460 siswa, sementara jumlah RKB 11 ruangan dalam hal ini kami, masih membutuhkan 2 RKB lagi, untuk mengantisipasi padatnya ruangan, rata-rata semua kelas menampung 40 siswa. Kami dari pengurus komite MIN Lhoknga memohon kepada Pemerintah Aceh dan Pemkab Aceh Besar melalui Kepala Kantor Kementerian Agama untuk pembangunan dan penambahan ruang kelas yang baru," pungkas Tgk Fuadi. [DW]
Komentar

Tampilkan

Terkini