-->

BLHK Aceh Tamiang Seleksi Duta Lingkungan Hidup 2016

12 Mei, 2016, 23.11 WIB Last Updated 2016-05-12T16:12:01Z
ACEH TAMIANG - Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) Kabupaten Aceh Tamiang menyeleksi Duta Lingkungan Hidup tingkat Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2016, yang dimulai Senin-Rabu (11/5/2016) kemarin.

Sekretaris Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) Kabupaten Aceh Tamiang, Sayed Mahdi, SP.,M.SI.,MMA, kepada LintasAtjeh, Kamis (12/4/2016) mengatakan, pelaksanaaan ujian seleksi meliputi ujian tertulis terkait pengetahuan lingkungan hidup, kemudian melakukan kunjungan ke lapangan, meliputi kunjungan ke perusahaan PKS PTP-N I Sementok, dengan tujuan agar para calon Duta Lingkungan Hidup dapat melihat langsung bagaimana proses pengelolaan limbah di perusahaan.

Selain itu, jelas Sayed Mahdi, para calon Duta Lingkungan Hidup berkunjung ke lokasi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) di Kampung Durian, Kecamatan Rantau, untuk melihat tentang bagaimana proses pengelolaan sampah di TPA, dan berkunjun ke lokasi hutan mangrove di Kampung Lubuk Damar, Kecamatan Seruway.

Lanjut dia, pada hari ketiga dilaksanakan wawancara secara terbuka di Aula Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang untuk menguji kemampuan pengetahuan para peserta seleksi tentang lingkungan hidup dan kemampuan berinteraksi dengan masyarakat banyak.

Jumlah peserta seleksi Duta Lingkungan Aceh Tamiang berjumlah 26 orang, terdiri dari 13 sekolah tingkat SLTA yang ada dalam wilayah Aceh Tamiang. Adapun syarat ikut serta seleksi duta lingkungan yang ditetapkan oleh BAPEDAL Aceh di antaranya adalah berpendidikan SLTA/sederajat, berpenampilan menarik dan mempunyai wawasan luas tentang lingkungan hidup.

Ujian wawancara dilakukan oleh para tim Dewan Juri yang berasal dari BLHK Aceh Tamiang yang terdiri dari Sekretaris BLHK Sayed Mahdi, SP, M.Si, MMA, Kabid Standarisasi Penataan dan KSDA T. Ibnu Hibban SE, Kabid Pertamanan Ismawati SP, dan Kasubbag Umum May Salamah, SST, M. Kes, serta Ketua PWI Aceh Tamiang Syawaluddin.

Setelah dilakukan tahapan seleksi, akhirnya keluar sebagai pemenang pertama yang akan mewakili Kabupaten Aceh Tamiang ke tingkat Provinsi Aceh pada bulan Juli 2016 nanti, yaitu Destri Sofianur dan Muhammad Rizqi Akbari keduanya dari SMAN 2 Patra Nusa. Keluar sebagai juara 2 M. Khairil dan Syahrun Nisa dari SMA N 1 Karang Baru dan SMA N 2 Kejuruan Muda, serta Juara 3 Burhan Al-Firman dan Kana Puspita, keduanya dari SMAN 1 Kejuruan Muda.

Terhadap para juara diberikan hadiah trophy, sertifikat dan uang sebesar Rp. 1.200.000 untuk juara 1, Rp. 1.000.000 untuk juara 2 dan Rp. 800.000 untuk juara 3.

Tujuan dilaksanakannnya seleksi duta lingkungan ini adalah untuk menggugah rasa kepedulian dan memotivasi masyarakat terhadap pentingnya kelestarian lingkungan hidup khususnya generasi muda, karena untuk menjaga dan melindungi lingkungan bukanlah hanya tugas dari pemerintah semata, tapi masyarakat juga harus terlibat.

Diharapkan kepada peserta yang merupakan duta lingkungan dari sekolahnya masing-masing maupun yang telah terpilih menjadi duta lingkungan hidup Aceh Tamiang 2016 ini agar dapat bersama-sama mengkampanyekan isi-isu lingkungan serta upaya perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup. [zf]
Komentar

Tampilkan

Terkini