-->

Landfill di Teupin Keube Masih Dalam Pembangunan

07 Januari, 2016, 19.27 WIB Last Updated 2016-01-07T12:28:24Z
LHOKSUKON - Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) Aceh Utara bangun Landfill (wadah) tempat penampungan sampah di lokasi Tempat Penampungan Akhir (TPA) yang terletak di Desa Teupin Keube, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara.

Kepala DPKP Aceh Utara, Fakhrur Razi mengatakan, pembangunan tersebut bersumber dari APBN. Nantinya, sampah-sampah yang ditampung ke dalam landfill dapat menghasilkan gas maupun sumber ekonomis yang dapat dikelola. Namun sementara, wadah yang belum selesai dibangun itu masih untuk tahap penampungan.

“Landfill penampungan sampah ini dibangun untuk mengurangi tumpukan-tumpukan sampah yang di lokasi TPA. Sampah yang ditampung ke dalam landfill ini nantinya dapat dikelola, dan sampah tersebut menghasilkan gas nantinya,” ujar Fakhrur saat mengecek langsung pembangunan landfill, Kamis (07/1) pagi tadi.

Dia menambahkan, pembangunan tersebut merupakan program pihaknya yang dibiayai APBN. Jadi menurutnya, hal ini untuk mengikuti prosedur penampungan sampah yang sudah ada secara baku maupun secara rasional.

“Bahwa, semua sampah nantinya akan ditampung ke dalam landfill ini, kemudian nantinya sampah-sampah itu dapat dimanfaatkan seperti nanti apakah bisa menghasilkan gas atau menjadi unsur-unsur lain yang bermanfaat. Jadi ini belum pengolahan, tapi hanya penampungan,” tambah Fakhrur.

Kabid Kebersihan, Cut Ibrahim menyebutkan, pembangunan Landfill ditargetkan selesai pada akhir 2016 ini. Dengan adanya pembangunan tersebut, otomatis dapat mengurangi sampah, apalagi diupayakan dapat menghasilkan gas.

“Jika sampah-sampah yang ditampung ini nantinya menghasilkan gas, maka sangat layak untuk dimanfaatkan sebagai sumber listrik rumah tangga. Seperti di Banda Aceh misalnya, disana sampah-sampah dalam landfill menghasilkan sumber listrik untuk seribu rumah tangga yang berdekatan dilokasi TPA,” sebut Cut.

Ditambakannya, selain pembangunan landfill, pihaknya juga menyediakan kolam Lindi atau kolam licit untuk mengaliri air lindi dari sampah-sampah yang ditampung dalam linfield. Pihaknya terus berupaya agar pembangunan landfill dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan manfaat yang sangat besar. [red]
Komentar

Tampilkan

Terkini