-->

HMMI Desak Amnesti Din Minimi Segera Dipercepat

05 Januari, 2016, 20.15 WIB Last Updated 2016-01-05T13:15:48Z
IST
LHOKSUKON - Koordinator Daerah (KORDA) Aceh Himpunan Mahasiswa Manajemen Indonesia (HMMI), Ichsan Nanda mengapresiasikan langkah kelompok bersenjata di Aceh, Nurdin bin Ismail alias Din Minimi yang telah turun gunung kembali berbaur dengan masyarakat.

Sebagaimana diketahui, Din menyerahkan diri setelah dijemput oleh kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso didampingi oleh Juha Christensen selaku perwakilan Aceh Monitoring Mission (AMM), pada 28 Desember 2015 lalu di wilayah Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur.

“Alhamdulillah, akhirnya Abu Din Cs yang selama ini mengangkat senjata melawan Pemerintah Aceh yang katanya kurang peduli kepada anak yatim dan janda korban konflik akhirnya mau berdamai, itu adalah langkah tepat yang seharusnya kita apresiasikan,” kata Ichsan Nanda dalam siaran persnya, Selasa (5/1/2016).

Ia menambahkan, mengenai amnesti yang sedang diperjuangkan oleh kepala BIN saat ini merupakan suatu upaya yang harus didukung bersama karena hal ini adalah salah satu kreasi positif yang dilakukan untuk menghentikan pelebaran jaringan anggota maupun kelompok yang merasa kecewa terhadap pemerintah Aceh.

Selain itu, Ichsan juga mengatakan jika pemerintah pusat tidak memberikan amnesti  kepada Din Minimi Cs, dikhawatirkan akan ada gerakan hebat dari kelompok itu sendiri atau kelompok lainnya yang lama-kelamaan akan membuat keruh perdamaian di Aceh yang telah 10 tahun terjaga.

“Jika amnesti yang sedang diperjuangkan untuk Abu Din tidak diberikan oleh pemerintah pusat dan 6 butir tuntutannya tidak dipenuhi, pasca itu siapa bisa menjamin keamanan di Aceh tetap terjaga dari kelompok bersenjata ini atau kelompok lainnya yang merasa senasib dengan Abu Din Cs?,” tanya Ichsan.

Ichsan yang juga Alumni Siswa Sekolah Demokrasi Aceh Utara ini berharap, amnesti yang diperjuangkan oleh kepala BIN agar dapat didukung oleh semua pihak untuk mempercepat prosesnya.

“Semoga saja amnesti benar ada dan Abu Din Cs juga dapat hidup secara damai di NKRI ini," tutupnya. [pin]
Komentar

Tampilkan

Terkini