-->

Belum Lama Dibangun, Talud Jembatan Teupin Lapeng Ambruk

10 Januari, 2016, 21.51 WIB Last Updated 2016-01-10T14:52:18Z
LHOKSUKON - Jembatan Teupin Lapeng namanya. Belum lama dibangun, bibir (talud) jembatan yang terletak di Dusun Suka Makmur, Gampong Meunasah Pante, Kecamatan Baktiya Barat ini, Kabupaten Aceh Utara ambruk.

Menurut laporan Keuchik Meunasah Pante, Sulaiman Ishak, jembatan penghubung Kecamatan Seunuddon tersebut dibangun pada awal 2014 lalu. Namun mulai ambruk pada awal 2015 kemarin.

"Ya, talut ini roboh pada awal 2015 lalu, awalnya saya tidak tau talut jembatan ini roboh. Saya dikasih tau sama warga. Dan yang roboh sekitar 10 meter kini jatuh ke saluran air tambak," kata Sulaiman Ishak, saat ditemui wartawan di lokasi jembatan tersebut, Minggu (10/1/2016).

Menurut penjelasan Sulaiman, talut jembatan ini runtuh akibat dipaksa timbun tanah, kemudian dicompact oleh pihak rekanan setelah selesai membuat jembatan. Padahal, katanya, usia beton talut itu belum sewajarnya dicompact sehingga roboh.

"Talut yang ambruk ini akan menutupi saluran air tambak warga. Saya sudah sampaikan kepada Camat Baktiya Barat pada saat saya ketahui. Tetapi hingga sekarang belum ada perbaikan," ungkap Sulaiman.

Sulaiman menambahkan, jembatan tersebut dibangun dengan dana APBA tahun anggaran 2014 dengan jumlah total anggaran 7.8 Miliar. Menyangkut masalah talut jembatan ini, pihaknya berharap untuk segera diperbaiki.

Secara terpisah Kepala Dinas Bina Marga Aceh Utara, Edi Anwar ST, kepada wartawan mengatakan, jembatan itu perlu ditinjau kembali nanti. "Saya lihat dulu jembatan yang mana, dan nanti saya turun ke lokasi," kata kepala dinas Bina Marga yang baru dilantik ini. [Jam]
Komentar

Tampilkan

Terkini