-->

Lhokseumawe Siap jadi Tuan Rumah Perayaan HPN

06 Juni, 2015, 09.15 WIB Last Updated 2015-06-06T02:16:03Z
Ketua PWI Aceh Utara, Sayuti Achmad (kiri). IST
LHOKSEUMAWE - Kota Subulussalam tahun ini direncanakan mendapat kesempatan dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Aceh.

Namun menurut penilaian Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Utara & Lhokseumawe, bahwa HPN juga perlu dilakukan di kota Lhokseumawe dan siap untuk jadi tuan rumah.

“Lhokseumawe sebagai kota kedua terbesar di Aceh setelah Banda Aceh, juga layak menjadi tuan rumah perhelatan yang memiliki makna signifikan bagi jurnalis ini,” kata Ketua PWI Aceh Utara & Lhokseumawe, Sayuti Achmad, Jum'at (5/6).

Lokasi Lhokseumawe yang berada di jalur tengah antara Medan dan Banda Aceh juga mempermudah transportasi peserta HPN. Selain itu, sarana penginapan yang berkembang pesat di kota gas tersebut juga sangat mendukung. Berbagai sarana juga telah dipersiapkan agar HPN sukses nantinya.

Menurut Sayuti, mahasiswa di Lhokseumawe juga memiliki tingginya minat mengenal berbagai hal tentang jurnalistik sebagai bukti profesi kewartawanan mendapat tempat dalam masyarakat di bumi Pase.

Berbagai lembaga pendidikan jurnalistik baik formal maupun non-formal juga tumbuh pesat di Lhokseumawe. PWI sendiri juga berkeja sama dengan Sekolah Menulis dan Kajian Media (SMKM) di Lhokseumawe dan rutin mengajarkan ilmu jurnalistik kepada para mahasiswa.

“Animo mereka mengenal dunia pers sangat tinggi. Sebagai generasi muda, mereka juga perlu mengerti makna dari peringatan HPN. Generasi muda perlu mengetahui peran dan keberadaan Pers sebagai salah satu pilar demokrasi,” terang Sayuti.

Dirinya juga menambahkan, selain tempat yang sangat mendukung, sarana lain seperti pengembangan wisata alam dan wisata religi di Lhokseumawe juga menjadi alasan bagi PWI menyelenggarakan HPN.

“Para wartawan dari seluruh Aceh nantinya bisa refresing disini. Maka kami siap jadi tuan rumah dalam rangka HPN,” tukas Sayuti.[chairul]
Komentar

Tampilkan

Terkini