-->

Hidup Adalah Masalah

12 Mei, 2015, 11.26 WIB Last Updated 2015-05-12T04:34:25Z
HIDUP tanpa masalah? Hal yang mustahil. Masalah adalah bumbu kehidupan. Apa jadinya masakan tanpa bumbu? Pasti akan hambar. Begitupun perihalnya dengan kehidupan yang tanpa masalah. Semenjak kita dilahirkan kita sudah dikelilingi oleh masalah yang akan dihadapi dalam hidup.

Jangan khawatir kita tidak punya masalah, sebab masalah pasti akan datang. Kita harus sabar menantinya. Meski kita tidak mencari masalah, namun masalah akan menemukan kita, meski kita berupaya bersembunyi.

Jangan khawatir ketika masalah itu datang. Sebab masalah sudah pasti akan datang. Kita harus bersabar menyelesaikannya. Tapi ingat, jangan mencari masalah. Sebisa mungkin, hindarilah masalah.

Sebuah gembok tidak pernah diproduksi tanpa anak kunci yang sama dan Allah tidak pernah memberikan permasalahan tanpa penyelesaian. Kita hanya perlu berdoa, berusaha dan bersabar untuk membukanya.

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya," (QS.2:286).

Masalah akan mendewasakan kita dan membuat kita lebih tajam. Bukankan pisau yang tajam bila terus di asah berpuluh, ratus, atau ribuan kali akan menemukan kesempurnaan ketajamannya? Bukankah kenaikan kelas derajat manusia juga harus diuji dengan masalah?

Yang patut kita perhatikan adalah justru ketika kita merasa tidak punya masalah dalam hidup ini. Mungkin itu saatnya kita sudah harus menyiapkan tempat pemakaman kita, dengan arti bahwa kita sudah berhenti bernafas atau menuju kematian. Dan setelah kematian, kitapun akan bersiap-siap untuk menyambut permasalahan baru di alam kubur.[Islampos]
Komentar

Tampilkan

Terkini