-->

Mufied Alkamal Sang Aktivis Pemuda Aceh

19 Februari, 2015, 14.18 WIB Last Updated 2016-04-10T09:38:23Z
BANDA ACEH - Bang Mufied, demikian lelaki bertubuh tinggi besar ini biasa dipanggil rekan-rekan sesama aktivis. Pria bernama lengkap Mufied Alkamal yang dilahirkan di Kuta Baro tanggal 24 September 1986 ini, dibesarkan dari keluarga akademisi pasangan Drs. Marzun R, M.Ag dan Nurmala. Mufied merupakan anak pertama dari tiga bersaudara, dan saat ini berdomisili di desa Rukoh, Kec. Darussalam, Banda Aceh.

Mufied kecil mengenyam pendidikan dasar di SD Negeri 82 Banda Aceh, kemudian melanjutkan Sekolah Menengah Pertama di SLTP Negeri 8 Banda Aceh, dan menyelesaikan sekolah tingkat atas di SMU Negeri 5 Banda Aceh.

Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, pada tahun 2004, Mufied melanjutkan pendidikan di Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry sesuai cita-citanya. Bahkan dirinya bisa menyelesaikan kuliahnya dengan predikat cumlaude. Bukan itu saja, Mufied pada tahun 2005 juga masuk ke Universitas Syiah Kuala (Fakultas Ekonomi) dan pada tahun 2011 melanjutkan pendidikan S-2 di Magister Manajemen Unsyiah.

Sebenarnya sejak kecil, abang kandung Maizal Kamil dan Suci Trimafika ini bercita-cita ingin menjadi seorang penulis, namun ketika SMU cita-citanya berubah ingin menjadi pesepak bola. Bukan tanpa alasan, karena dirinya sering mengikuti berbagai turnamen sepak bola antar pelajar, mahasiswa bahkan antar kampung. Pada saat akan mengakhiri masa kuliah, cita-citanya berubah lagi karena melihat situasi kondisi daerah dan negeri yang tidak menentu. Namun saat ini menjadi akademisi adalah salah satu pilihannya, dimana sejak tahun 2010 dirinya mengajar di UIN Ar-Raniry karena bisa mewujudkan keinginannya untuk menjadi orang yang berguna bagi sesama, daerah, nusa dan bangsa.

Mufied juga berangan-angan, suatu saat nanti akan terjun ke dunia politik karena baik tidaknya suatu daerah tergantung pada para politikus. Suatu daerah, segalanya dapat berubah sesuai keputusan politik, baik dari segi ekonomi, pendidikan, sosial, budaya, dll. Semakin banyak orang-orang baik yang terjun ke dunia politik maka akan semakin baiklah daerah dan negeri ini.

Meski sibuk, pria yang selalu bergaya rapi ini juga aktif di organisasi kepemudaan dan mahasiswa. Mufied berpendapat, sebagai mahasiswa dan pemuda kita harus berwawasan, bersikap kritis dan memiliki jiwa militan dalam rangka membangun daerah. Karena nasib daerah dan bangsa ini sangat bergantung pada generasi muda, di tengah banyaknya persoalan daerah (Aceh) dan persoalan-persoalan nasional lainnya.

Pilihannya, Mufied bergabung di Forum Paguyuban Mahasiswa dan Pemuda Aceh (FPMPA), karena dapat menyalurkan aspirasi rakyat, mahasiswa dan pemuda se-Aceh. Selain itu, dapat mengadvokasikan segala persoalan yang bersifat ke-Acehan dan persoalan-persoalan di seluruh kabupaten/kota di Aceh dalam rangka meningkatkan kemajuan daerah. Hal yang terpenting, Mufied Al Kamal berharap bisa berkontribusi untuk Aceh sehingga masyarakat Aceh hidup dalam damai dan bisa menjaga perdamaian yang hakiki untuk Aceh lebih baik. آَمِيّـٍـِـنْ يَآرَبْ آلٌعَآلَمِِيِنْ

DATA PRIBADI :
Nama : Mufied Alkamal, S. Sos. I, SE
Tempat/Tanggal Lahir : Kuta Baro/ 24 September 1986
Umur : 29 Tahun
Agama : Islam
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Status : Belum Kawin
Nama Ayah : Drs. Marzun R, M.Ag
Nama Ibu : Nurmala
Jumlah Saudara : 2 orang
Alamat : Jalan Utama Dusun Lamara No.5, Rukoh, Banda Aceh
Telepon/HP : 081360281005
E-mail : mufied_86@yahoo.co.id

PENDIDIKAN FORMAL :
1. SMUN No.5 Banda Aceh
2. SLTPN No.8 Banda Aceh
3. SDN No.82 Banda Aceh
4. Magister Manajemen Unsyiah (Sekarang)
5. Fakultas Ekonomi Unsyiah Tahun 2011
6. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Tahun 2009
 
PENGALAMAN ORGANISASI
1. Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen Dakwah
2. Sekretaris Jendral Badan Eksekutif Mahasiswa Fak.Dakwah
3. Pj. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fak.Dakwah IAIN Ar-Raniry
4. Sekretaris Umum HIMAKA Unsyiah
5. Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Fak.Ekonomi Unsyiah
6. Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Kota Banda Aceh (IKAMBA)
7. Wakil Ketua Forum Pasca Sarjana Unsyiah (FMPsU)
8. Ketua Forum Paguyuban Mahasiswa dan Pemuda Aceh (FPMPA)

HOBY :
1. Sepak Bola
2. Renang
3. Tenis Meja

PEKERJAAN :
• Dosen Luar Biasa di UIN Ar-Raniry  [ar]
Komentar

Tampilkan

Terkini