-->

Kata Oegroseno Polri Bagaikan Tubuh Tanpa Kepala

03 Februari, 2015, 18.18 WIB Last Updated 2015-02-03T11:19:13Z
JAKARTA - Institusi Polri kini bagaikan tubuh tanpa kepala, lantaran tidak memiliki pimpinan tertinggi.

Setelah calon tunggal Kapolri Komjen Budi Gunawan berstatus tersangka gratifikasi oleh KPK, Presiden Joko Widodo menunda pelantikannya dan belum memilih pengganti.

Mantan Wakapolri Komjen (purn) Oegroseno berharap agar Presiden segera memilih Kapolri yang baru. Mengingat, Jenderal Sutarman sudah diberhentikan dari Tribrata Satu meski masa tugasnya belum berakhir.

"Nah, ini pak Sutarman diberhentikan, bayangkan tubuh kita tanpa kepala. Mudah-mudahan dalam satu sampai tiga hari ke depan Presiden memilih Kapolri. Jangan sampai seminggu karena kasihan orang berjalan tanpa kepala," ujarnya dalam diskusi bertema "100 Hari Jokowi-Mas Joko Berani Nggak?" di Cheese Cake Factory, Cikini, Jakarta (Selasa, 3/2).

Menurut Oegro, Presiden jangan berlama-lama dalam menentukan Kapolri pengganti. Pasalnya, Wakapolri Komjen Badrodin Haiti yang diangkat sebagai pelaksana tugas Kapolri tidak bisa berbuat banyak dalam menentukan keputusan dan kebijakan di internal Polri.

"Jangan lama-lama, mudah-mudahan Presiden bisa ambil keputusan yang terbaik. Saya bersama rekan-rekan hanya bisa kasih masukan," kata anggota Tim 9 independen penyelesaian polemik KPK-Polri tersebut.

Lebih lanjut, Oegro juga meyakini bahwa Presiden Jokowi dapat mengambil keputusan terbaik dalam memilih Kapolri baru. Apalagi, dengan pengalaman Jokowi selama ini dalam memimpin Kota Solo dan DKI Jakarta.

"Saya yakin dengan pengalaman beliau, pasti yang terbaik yang akan dikeluarkan," imbuhnya. [rmol]
Komentar

Tampilkan

Terkini