-->

Dua Mahasiswa Unsam Langsa "Kerasukan"

25 Februari, 2015, 15.32 WIB Last Updated 2015-02-25T08:37:09Z
ACEH TIMUR - Dua Mahasiswa Universitas Samudera (Unsam) Angkatan ke IV Tahun 2015, yang melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di Desa Buket Siraja, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, kerasukan jin di sebuah rumah warga yang dijadikan Posko KPM desa setempat, Selasa malam (24/02/15), sekira pukul 22.00 WIB.

Menurut pantauan wartawan media ini, peristiwa tentang kerasukan jin yang menimpa dua Mahasiswa Unsam di Posko Desa Buket Siraja terjadi secara tiba-tiba dan kedua mahasiswa tersebut masing-masing bernama Surya Hamdani (Geuchik KMP_red), beserta Suci Lestari.

"Pada saat awal kejadian yang lumayan seram tersebut, kami semua merasa tegang dan nyaris ketakutan, tapi syukur Alhamdulillah pihak geuchik, tuha peut, kadus, ketua pemuda dan para sesepuh serta puluhan warga Desa Buket Siraja, ramai-ramai mengunjungi posko kami lalu beberapa sesepuh desa berusaha membantu menyembuhkan kedua rekan kami yang sedang kerasukan jin," ungkap Riza Fahlevi, salah seorang Mahasiswa Unsam yang sedang melaksanakan KPM di desa setempat.

Riza juga menjelaskan bahwa kerasukan jin yang menimpa kedua rekan mereka saat itu terjadi dua kali secara beruntun. Setelah kerasukan tahap pertama, sekira pukul 22.00 WIB, lalu terjadi sekali lagi sekira pukul 02.10 WIB.

"Syukur Alhamdulillah, pihak geuchik, tuha peut, kadus, ketua pemuda, para sesepuh dan juga puluhan warga Desa Buket Siraja, berusaha menyembuhkan kedua rekan kami yang sedang kerasukan serta turut memberikan semangat kepada kami semua, sehingga rasa ketakutan yang sempat hadir pada saat awal kejadian, secara perlahan menghilang," pungkas Riza.

Sementara Geuchik Buket Siraja, Mulyadi Dadeh, saat dikonfirmasi terkait permasalahan kerasukan jin yang menimpa dua Mahasiswa KPM Unsam, menerangkan hal tersebut kerap terjadi kepada para tamu yang baru hadir di desa setempat, khususnya bagi tamu yang sedikit lemah jiwanya dan sering dihinggapi pikiran kosong.

Namun demikian, hal itu bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan, karena masalah keghaiban adalah salah satu rukun yang harus diyakini oleh umat Islam.

"Upayakan dirikan shalat dan perbanyak zikir, Insya Allah para gerombolan jin tidak akan berlaku usil pada kita manusia," demikian pesan Geuchik Buket Seuraja, Mulyadi Dadeh.

Sedangkan, salah seorang tokoh masyarakat Buket Siraja, Juneidi Puteh, berharap agar kejadian yang menimpa Surya Hamdani beserta Suci Lestari dapat dijadikan salah satu pelajaran dan juga dijadikan pengalaman berharga terkait dinamika kehidupan masyarakat yang nyata, sehingga menjadi bekal kelak ketika para mahasiswa telah kembali ke tengah-tengah masyarakat.

Disamping itu, hal yang terkesan seram tersebut dapat juga dijadikan sebuah bahan diskusi tambahan dalam kegiatan KPM, sehingga menjadi salah satu jembatan komunikasi yang efektif antara kampus dengan masyarakat.

"Pendidikan, penelitian dan pengabdian dapat diaplikasikan oleh mahasiswa dan maha siswi Unsam Langsa pada saat terjun langsung di masyarakat," tandasnya. [ar]
Komentar

Tampilkan

Terkini