-->

Walikota Langsa Resmikan Jaringan Irigasi

20 Januari, 2015, 14.30 WIB Last Updated 2015-01-20T07:55:58Z
LANGSA - Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE, meresmikan pembangunan jaringan irigasi di Gampong Matang Setui Kecamatan Langsa Timur. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua DPRK Langsa, Burhansyah dan Kasdim 0104 Aceh Timur, Mayor.Inf. Rahmat. Selasa (20/1).

Walikota Langsa, mengatakan pembangunan irigasi selain mengairi air ke sawah juga untuk menekan jumlah pengangguran. Pasalnya, jika saluran irigasi dijaga dan dirawat dengan baik maka proses bercocok tanam masyarakat juga akan lebih baik, jadi masyarakat yang selama ini hidup sebagai petani sawah menjadi lancar.

"Kita ketahui bersama bahwa saat ini banyak saluran irigasi yang tidak dirawat dengan baik begitu juga dengan infrastruktur lainnya, bahkan tidak sedikit areal persawahan dialih fungsikan," kata Toke Suum panggilan akrab, Usman Abdullah.

Diakuinya, program pemerintah pusat yang menargetkan tahun 2015 negara kita menjadi swasembada pangan, ini program yang baik. Apalagi, dalam program ini pemerintah melibatkan TNI dan diharapkan kedepan juga bisa melibatkan Polri. Selain itu, untuk menyukseskan program tersebut bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah saja, tapi ini juga menjadi tanggung jawab kita bersama khususnya masyarakat petani sawah.

Menurutnya, bukan hanya bangunan irigasi saja, tapi semua bangunan yang dibangun oleh pemerintah, maka masyarakat harus merasa memiliki dan bertanggung jawab. Sehingga, akan berfungsi dengan sebagaimana yang kita harapkan bersama.

"Masyarakat harus berperan aktif untuk menjaga serta merawat apapun bangunan yang ada," tegasnya.

Sekretaris Dinas Kelautan, Perikanan dan Pertanian Kota Langsa, Usman, menyampaikan untuk mendukung program swasembada pangan, maka pada tahun 2015 ini, Pemerintah Kota Langsa melakukan pembangunan peningkatan irigasi seluas 1225 M yang terbagi dibeberapa gampong yakni Matang Setui, Sukarejo dan Alue Merbau. Selain itu, pemerintah juga akan melakukan optimalisasi lahan, dan diharapkan program irigasi dapat dilakukan bersama-sama warga.

Pada kesempatan yang sama, Geuchik Matang Setui, Jafar, mengatakan, selama ini saluran irigasi di gampongnya banyak yang tidak berfungsi, sehingga kami berharap kepada Pemerintah Kota Langsa untuk segera memperbaikinya, karena masyarakat disini berpenghasilan dari petani sawah, jadi jika ini terkendala maka akan berdampak pada perekonomian masyarakat. [dedek]
Komentar

Tampilkan

Terkini