-->

Pemko Langsa Terima Sertifikat Eliminasi Malaria

27 Januari, 2015, 19.25 WIB Last Updated 2015-01-27T14:09:28Z
LANGSA - Pemerintah Kota Langsa menerima sertifikat Eliminasi Malaria dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr.Hafsiah, Sp.A.MPH di Jakarta. Sertifikat tersebut diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan setempat, dr.Syarbaini, pada 26 Januari 2015.

Sertifikat ini berkat kegiatan gotong royong yang dilakukan Pemko Langsa setiap satu bulan sekali," Ini semua merupakan manfaat kita dalam melaksanakan kegiatan gotong-royong, sehingga mendapatkan sertifikat tersebut,"ujar Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE, kepada lintasatjeh, di ruang kerjanya, Selasa (27/1).

Dijelaskannya, sertifikat eliminasi malaria ini kita peroleh dengan jumlah nilai sebesar 75 persen, dan sesuai dengan surat Dirjen Pengendelaian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia No.TU.02.06/D/IV.1/439/2014 tanggal 22 April 2014 tentang petunjuk Eliminasi Malaria yang ditembuskan kepada para bupati dan walikota.

Dengan diterimanya sertifikat ini kita harapkan partisipasi masyarakat dalam melaksanakan gotong-royong dapat terus ditingkatkan, karena manfaat dalam bergotong-royong ini dapat membasmi penyakit-penyakit‎ menular seperti malaria.

Kemudian selama ini dari data yang diperoleh di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Langsa,  pasien-pasien yang terkena malaria bukan dari warga Kota Langsa, melainkan dari warga Aceh Timur yang dirujuk ke rumah sakit ini untuk mendapatkan perawatan medis.

"Alhamdulillah, sejak kita galakan kegiatan gotong-royong dengan membersihkan saluran drainase dan lahan-lahan yang terlantar warga Kota Langsa terhindar dari penyakit menular seperti malaria, dan semua berkat partisipasi masyarakat yang tinggi untuk bersama-sama menjadikan Kota Langsa yang bersih dan asri,"ujarnya

Namun demikian, yang terpenting adalah bukan sertifikat ini, tapi manfaat dari gotong royong, karena berdasarkan data dari Dinas Kesehatan berkat kita melakukan gotong royong angka penyakit malaria menurun. Karenanya, kita menghimbau kepada masyarakat Kota Langsa untuk serius lagi bergotong royong karena sangat banyak manfaatnya.[dedek]
Komentar

Tampilkan

Terkini