-->

DPR Telah Menerima Surat Jokowi Terkait Usulan Budi Gunawan sebagai Calon Kapolri

12 Januari, 2015, 16.57 WIB Last Updated 2015-01-12T18:12:10Z
Komjen Pol Budi Gunawan. (Ist)
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengusulkan Kalemdikpol Polri Komjen Budi Gunawan sebagai calon Kapolri menggantikan Jenderal Sutarman yang akan pensiun pada Oktober 2015.

Ketua Komisi III DPR RI, Aziz Syamsuddin, mengatakan, surat tersebut telah diterima dan dibacakan dalam paripurna DPR. Sementara itu, rapat pleno terkait uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri sedianya akan dilakukan pada 19 Januari 2015.

"Tadi dalam rapat pleno Komisi III diputuskan beberapa agenda, salah satunya tentang Kapolri, tadi ada usulan dari anggota dan disepakati pleno akan dilakukan 19 Januari. Tapi kita masih nunggu rapat Bamus besok jam 10.00 WIB," katanya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (12/1/2015).

Selain itu, masing-masing fraksi juga diminta untuk masuk dalam tim kecil guna membahas mengenai mekanisme dan pertanyaan yang akan diajukan terhadap Budi. Tiap fraksi sengaja dilibatkan kendati pimpinan dan sekretariat sudah menyiapkan hal tersebut.

Politikus Partai Golkar ini menuturkan, Komisi III, besok, usai rapat terkait pemilihan pimpinan KPK, akan langsung mulai bekerja untuk membahas calon pengganti Jenderal Sutarman. Sejauh ini, sambung Aziz tidak ada yang mengganjal mengenai usulan calon Kapolri yang diajukan oleh Presiden Jokowi.

"Belum ada pandangan fraksi (enggak ada yang mengganjal). Kan itu nanti tanggal 19 Januari," tuturnya.

Menurut Aziz, terkait uji kelayakan dan kepatutan yang akan dilakukan kepada Budi, tentunya Komisi III bisa memberikan persetujuan atau mengembalikannya ke Presiden.

"Kalau dikembalikan, dianggap tidak perlu diganti (calon Kapolri), maka tidak perlu diusulkan lagi. Kalau ganti, kan mesti usulin lagi," ujarnya.

Aziz merencanakan, pada Jumat 16 Januari 2015 siang, Komisi III akan menyambangi kediaman Budi.


"Kami akan mengunjungi kediaman (Budi Gunawan) tanggal 16 Januari setelah Jumatan," pungkasnya. [Habib Tgk Di Pase]
Komentar

Tampilkan

Terkini