-->

Bai Kinnar "Wanita Rakitan" Walikota Raigarh

07 Januari, 2015, 16.45 WIB Last Updated 2015-01-07T11:08:44Z
INDIA - Madhu Bai Kinnar (35) adalah perempuan transjender berkasta Dailt atau kasta terendah di India. Sehari-harinya, Bai Kinnar hidup dari pendapatannya lewat menyanyi dan menari di transportasi umum. Kini, hidup Bai Kinnar berbalik 180 derajat. Sebab, dia baru saja terpilih sebagai Wali Kota Raigarh, kota dari negara bagian Chhattisgarh, di India. Dengan demikian, Bai Kinnar tercatat sebagai perempuan transjender pertama yang terpilih sebagai wali kota di India.

Dalam pemungutan suara pemilihan wali kota, Bai Kinnar resmi menang telak dari lawannya dengan perolehan lebih 4.000 suara. Hebatnya lagi, Bai Kinnar merupakan kandidat independen yang tidak disokong oleh partai, sedangkan pihak lawan adalah anggota partai sekaligus perdana menteri yang tengah menjabat.

"Orang-orang telah menunjukkan kepercayaannya kepada saya," ujar Bai Kinnar saat diwawancara setelah kemenangannya. "Aku beranggapan bahwa kemenangan ini sebagai cinta dan kasih dari orang-orang untukku. Aku akan berusaha yang terbaik untuk mewujudkan mimpi mereka."

Pengalaman Bai Kinnar ini bisa dibilang sangat langka karena siapa pun yang berasal dari kasta terendah sangat jarang berjaya, menjadi seseorang dengan posisi tinggi di ranah pemerintahan. Namun, hal itu tidak membuat Bai Kinnar gentar. Sebaliknya, dia semakin bersemangat untuk mencalonkan diri setelah dipercaya oleh komunitas transjender untuk ikut pemilihan umum.

"Dukungan publik yang mendukungku untuk ikut serta dalam jajak pendapat awal dan hanya karena dukungan mereka, aku dapat keluar sebagai pemenang," ujar Bai Kinnar.

Masyarakat Raigarh bergembira atas kemenangan Bai Kinnar dan mereka meluapkan sukacita tersebut lewat sejumlah "kicauan" di Twitter. Kemenangan Bai ini secara transparan membuktikan bahwa demokrasi di India telah berjalan adil dan baik. [Kompas]
Komentar

Tampilkan

Terkini